Kekurangan dan Kritik terhadap Teori Behaviorisme dalam Pendidikan

4
(212 votes)

Teori behaviorisme sering kali dikritik karena kekurangan dan kelemahannya dalam menjelaskan situasi belajar yang kompleks. Teori ini cenderung menyederhanakan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan dan belajar hanya pada hubungan stimulus dan respon, tanpa mampu menjelaskan penyimpangan-penyimpangan yang terjadi dalam hubungan tersebut. Salah satu kelemahan utama dari teori behaviorisme adalah ketidakmampuannya dalam menjelaskan variasi tingkat emosi siswa. Meskipun siswa memiliki pengalaman penguatan yang sama, teori ini tidak dapat menjelaskan mengapa dua anak dengan kemampuan dan pengalaman penguatan yang relatif sama dapat memiliki perilaku yang berbeda terhadap suatu pelajaran. Selain itu, teori ini juga tidak dapat menjelaskan mengapa siswa memilih tugas dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Teori behaviorisme hanya mengakui adanya stimulus dan respon yang dapat diamati, tanpa memperhatikan pengaruh pikiran atau perasaan yang mempengaruhi unsur-unsur yang diamati tersebut. Hal ini membuat teori ini terbatas dalam menjelaskan kompleksitas belajar dan perilaku manusia. Dalam konteks pendidikan, kekurangan dan kritik terhadap teori behaviorisme menjadi penting karena pendekatan yang lebih holistik dan komprehensif diperlukan untuk memahami dan mengoptimalkan proses belajar siswa.