Profil dan Pentingnya Berpikir Visual dalam Pemecahan Masalah Matematik
Dalam penelitian ini, akan dibahas mengenai profil dan pentingnya berpikir visual dalam pemecahan masalah matematika. Profil, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, adalah pandangan dari samping, sketsa biografi, dan penampang yang tampak. Profil biasanya meliputi data-data yang dimiliki oleh seseorang, seperti nama, alamat, tempat dan tanggal lahir, pekerjaan, dan lain-lain. Profil dibuat untuk memperkenalkan sesuatu kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Dalam penelitian ini, profil mengacu pada gambaran tentang keadaan kondisi visual thinking siswa kelas X sekolah menengah atas dalam memecahkan masalah matematika. Visual thinking, menurut Brasseur, adalah proses intelektual intuitif dari ide imajinasi visual, baik dalam pencitraan mental maupun gambar. Kemampuan berpikir visual memungkinkan seseorang untuk mengubah informasi dari bentuk abstrak menjadi representasi visual yang lebih mudah dipahami. Dalam konteks pemecahan masalah matematika, berpikir visual memainkan peran penting dalam membantu siswa memahami konsep-konsep matematika yang kompleks dan menemukan solusi yang kreatif. Berpikir visual memungkinkan siswa untuk menggambarkan masalah matematika dalam bentuk gambar atau diagram, yang membantu mereka memvisualisasikan hubungan antara elemen-elemen yang terlibat dalam masalah tersebut. Dengan berpikir visual, siswa dapat melihat pola-pola, hubungan, dan struktur matematika dengan lebih jelas, sehingga memudahkan mereka dalam memecahkan masalah. Pentingnya berpikir visual dalam pemecahan masalah matematika juga didukung oleh penelitian-penelitian terkait. Penelitian oleh Wileman menunjukkan bahwa berpikir visual dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika dan meningkatkan kemampuan mereka dalam memecahkan masalah. Dalam penelitian ini, akan dilakukan analisis terhadap profil visual thinking siswa kelas X sekolah menengah atas, untuk melihat sejauh mana kemampuan berpikir visual mereka dalam pemecahan masalah matematika. Dalam kesimpulan, profil dan pentingnya berpikir visual dalam pemecahan masalah matematika menjadi fokus penelitian ini. Berpikir visual memungkinkan siswa untuk memahami konsep-konsep matematika dengan lebih baik dan menemukan solusi yang kreatif. Dengan memahami profil visual thinking siswa, dapat diidentifikasi upaya-upaya yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir visual mereka dalam pemecahan masalah matematika.