Bagaimana Kurikulum 2013 Revisi 2016 Membentuk Keterampilan Ekonomi Siswa Kelas 12?

4
(281 votes)

Kurikulum 2013 Revisi 2016 merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Salah satu tujuannya adalah untuk membentuk siswa yang memiliki keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja, termasuk keterampilan ekonomi. Kurikulum ini dirancang untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan inovatif, serta kemampuan berkomunikasi dan berkolaborasi. Artikel ini akan membahas bagaimana Kurikulum 2013 Revisi 2016 membentuk keterampilan ekonomi siswa kelas 12.

Pembelajaran Ekonomi yang Holistik

Kurikulum 2013 Revisi 2016 menekankan pembelajaran ekonomi yang holistik. Artinya, pembelajaran ekonomi tidak hanya berfokus pada teori-teori ekonomi, tetapi juga pada penerapannya dalam kehidupan nyata. Siswa diajak untuk memahami konsep-konsep ekonomi dan bagaimana konsep-konsep tersebut bekerja dalam berbagai situasi. Misalnya, siswa diajak untuk menganalisis masalah ekonomi yang terjadi di masyarakat, seperti kemiskinan, pengangguran, dan inflasi. Mereka juga diajak untuk mencari solusi atas masalah-masalah tersebut dengan menggunakan konsep-konsep ekonomi yang telah mereka pelajari.

Pengembangan Keterampilan Ekonomi

Kurikulum 2013 Revisi 2016 juga dirancang untuk mengembangkan keterampilan ekonomi siswa. Keterampilan ekonomi yang dimaksud meliputi:

* Keterampilan berpikir kritis: Siswa diajak untuk menganalisis informasi ekonomi dengan kritis dan objektif. Mereka diajak untuk mempertanyakan asumsi-asumsi yang mendasari suatu teori ekonomi dan untuk mengevaluasi bukti-bukti yang mendukung atau menolak teori tersebut.

* Keterampilan memecahkan masalah: Siswa diajak untuk mengidentifikasi masalah ekonomi, menganalisis penyebabnya, dan mencari solusi yang tepat. Mereka juga diajak untuk mengevaluasi efektivitas solusi yang mereka usulkan.

* Keterampilan berkomunikasi: Siswa diajak untuk menyampaikan ide-ide ekonomi mereka dengan jelas dan ringkas. Mereka juga diajak untuk berdiskusi dengan teman sekelas mereka tentang isu-isu ekonomi dan untuk mempresentasikan hasil analisis mereka.

* Keterampilan berkolaborasi: Siswa diajak untuk bekerja sama dengan teman sekelas mereka dalam menyelesaikan tugas-tugas ekonomi. Mereka diajak untuk berbagi ide, bertukar pikiran, dan mencapai kesepakatan bersama.

Penerapan Kurikulum 2013 Revisi 2016 dalam Pembelajaran Ekonomi

Kurikulum 2013 Revisi 2016 diterapkan dalam pembelajaran ekonomi melalui berbagai metode dan strategi. Beberapa metode dan strategi yang umum digunakan meliputi:

* Pembelajaran berbasis proyek: Siswa diajak untuk menyelesaikan proyek-proyek ekonomi yang relevan dengan kehidupan nyata. Proyek-proyek ini dapat berupa penelitian, simulasi, atau pengembangan produk atau jasa.

* Pembelajaran berbasis masalah: Siswa diajak untuk menyelesaikan masalah-masalah ekonomi yang nyata. Masalah-masalah ini dapat berupa kasus-kasus ekonomi yang terjadi di masyarakat atau kasus-kasus ekonomi yang dihadapi oleh perusahaan.

* Pembelajaran kooperatif: Siswa diajak untuk bekerja sama dengan teman sekelas mereka dalam menyelesaikan tugas-tugas ekonomi. Pembelajaran kooperatif dapat dilakukan melalui berbagai metode, seperti pembelajaran kelompok, pembelajaran berpasangan, dan pembelajaran jigsaw.

* Pembelajaran berbasis teknologi: Siswa diajak untuk menggunakan teknologi dalam pembelajaran ekonomi. Teknologi dapat digunakan untuk mengakses informasi ekonomi, untuk melakukan analisis data ekonomi, dan untuk mempresentasikan hasil analisis mereka.

Kesimpulan

Kurikulum 2013 Revisi 2016 merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Kurikulum ini dirancang untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja, termasuk keterampilan ekonomi. Kurikulum ini menekankan pembelajaran ekonomi yang holistik dan mengembangkan keterampilan ekonomi siswa, seperti berpikir kritis, memecahkan masalah, berkomunikasi, dan berkolaborasi. Kurikulum ini diterapkan dalam pembelajaran ekonomi melalui berbagai metode dan strategi, seperti pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran kooperatif, dan pembelajaran berbasis teknologi. Dengan demikian, Kurikulum 2013 Revisi 2016 diharapkan dapat membentuk siswa kelas 12 yang memiliki keterampilan ekonomi yang dibutuhkan di dunia kerja.