Bagaimana Kurikulum High Scope Mendukung Pembelajaran Berpusat pada Anak?

4
(228 votes)

Kurikulum High Scope menempatkan anak sebagai pusat pembelajaran, sebuah pendekatan yang semakin populer dalam pendidikan anak usia dini. Pendekatan ini mengakui bahwa setiap anak unik, memiliki minat, kekuatan, dan gaya belajar yang berbeda. Artikel ini akan membahas bagaimana kurikulum High Scope mendukung pembelajaran berpusat pada anak melalui elemen-elemen kunci dan praktik-praktiknya.

Pentingnya Pengalaman Langsung

Kurikulum High Scope sangat menekankan pentingnya pembelajaran melalui pengalaman langsung. Anak-anak didorong untuk aktif menjelajahi, bereksperimen, dan berinteraksi dengan lingkungan mereka untuk membangun pemahaman mereka sendiri tentang dunia. Melalui bermain dan eksplorasi aktif, anak-anak mengembangkan keterampilan kognitif, sosial-emosional, dan fisik mereka secara holistik.

Peran Aktif Anak dalam Perencanaan Pembelajaran

Salah satu ciri khas High Scope adalah "Plan-Do-Review", sebuah proses yang memberdayakan anak untuk berperan aktif dalam perencanaan pembelajaran mereka sendiri. Dalam fase "Plan", anak-anak memilih kegiatan yang ingin mereka lakukan berdasarkan minat mereka. Fase "Do" memberi mereka kesempatan untuk melaksanakan rencana mereka, dan dalam fase "Review", mereka merefleksikan pengalaman mereka, berbagi apa yang telah mereka pelajari, dan mengevaluasi kemajuan mereka.

Lingkungan yang Kaya dan Merangsang

Lingkungan belajar di kelas High Scope dirancang untuk menjadi kaya dan merangsang, penuh dengan material yang menarik dan mudah diakses yang mendorong eksplorasi, kreativitas, dan pembelajaran. Area bermain yang terdefinisi dengan baik, seperti area blok, area seni, dan area bermain peran, menyediakan beragam pilihan bagi anak-anak untuk mengeksplorasi minat mereka dan belajar melalui bermain.

Interaksi dan Kolaborasi yang Positif

Kurikulum High Scope mendorong interaksi dan kolaborasi yang positif antara anak-anak, guru, dan orang tua. Guru berperan sebagai fasilitator, membimbing dan mendukung pembelajaran anak melalui pertanyaan terbuka, dorongan, dan menyediakan lingkungan yang aman dan mendukung untuk eksplorasi dan pengambilan risiko.

Penilaian Autentik untuk Mengukur Kemajuan

High Scope menekankan pentingnya penilaian autentik untuk melacak kemajuan dan perkembangan setiap anak. Alih-alih berfokus pada tes standar, guru High Scope menggunakan observasi, portofolio, dan dokumentasi anekdotal untuk mengumpulkan informasi tentang pembelajaran anak. Pendekatan ini memberikan gambaran yang lebih holistik dan bermakna tentang perkembangan anak dari waktu ke waktu.

Kurikulum High Scope, dengan fokus pada pembelajaran berbasis bermain, pengalaman langsung, dan peran aktif anak dalam proses pembelajaran, memberikan dasar yang kuat untuk pembelajaran berpusat pada anak. Melalui elemen-elemen kunci dan praktik-praktiknya, High Scope membantu anak-anak mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan kecintaan belajar yang akan mereka bawa sepanjang hidup mereka.