Fungsi Struktur Pengetahuan dalam Pembelajaran Menurut Teori Kognitif
Pendahuluan: Struktur pengetahuan adalah komponen penting dalam pembelajaran menurut teori kognitif. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi dua fungsi utama dari struktur pengetahuan yang dimiliki oleh peserta didik saat belajar. Bagian: ① Bagian pertama: Fungsi Organisasi Struktur pengetahuan membantu peserta didik dalam mengorganisir informasi yang diterima. Dengan memiliki struktur yang jelas, peserta didik dapat menghubungkan konsep-konsep baru dengan pengetahuan yang sudah ada, sehingga memudahkan mereka dalam memahami dan mengingat informasi baru. ② Bagian kedua: Fungsi Pengelompokan Struktur pengetahuan juga memungkinkan peserta didik untuk mengelompokkan informasi menjadi kategori-kategori yang relevan. Dengan mengelompokkan informasi, peserta didik dapat melihat pola dan hubungan antara konsep-konsep yang berbeda, sehingga memperdalam pemahaman mereka tentang materi yang dipelajari. Kesimpulan: Dalam pembelajaran menurut teori kognitif, struktur pengetahuan memiliki dua fungsi utama: organisasi dan pengelompokan. Dengan memahami dan menggunakan struktur pengetahuan dengan baik, peserta didik dapat meningkatkan pemahaman dan retensi informasi yang mereka pelajari.