Analisis Bidang Telaahan Permasalahan Perencanaan

4
(250 votes)

Pendahuluan: Seorang perencana pendidikan harus memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang akan mempengaruhi proses perencanaan. Mereka juga harus memahami sifat dasar manusia dan kebutuhan dasar mereka. Selain itu, perencana pendidikan harus menguasai berbagai jenis pendekatan dalam perencanaan sistem pendidikan dan mampu merancang pendidikan yang sesuai dengan lingkungan fisik, politik, dan ekonomi. <br/ > <br/ >Bagian: <br/ > <br/ >① Identifikasi SWOT dalam perencanaan: Perencana pendidikan harus mampu mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dapat mempengaruhi proses perencanaan. <br/ > <br/ >② Memahami sifat dasar manusia: Seorang perencana pendidikan harus memiliki pemahaman yang baik tentang sifat dasar manusia untuk dapat merancang program pendidikan yang efektif. <br/ > <br/ >③ Memahami kebutuhan dasar manusia: Perencana pendidikan harus memahami kebutuhan dasar manusia agar dapat merancang program pendidikan yang relevan dan bermanfaat bagi siswa. <br/ > <br/ >④ Menguasai pendekatan perencanaan: Perencana pendidikan harus menguasai berbagai jenis pendekatan dalam perencanaan sistem pendidikan untuk dapat merancang program yang efektif dan sesuai dengan tujuan pendidikan. <br/ > <br/ >Kesimpulan: Seorang perencana pendidikan harus memiliki keterampilan dan pengetahuan yang luas dalam mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam perencanaan. Mereka juga harus memahami sifat dasar manusia dan kebutuhan dasar mereka. Selain itu, perencana pendidikan harus menguasai berbagai jenis pendekatan dalam perencanaan sistem pendidikan untuk dapat merancang program yang efektif dan sesuai dengan lingkungan fisik, politik, dan ekonomi.