Mencari Makna dalam Pembelajaran: Mengimplementasikan Prinsip Understanding by Desig

4
(227 votes)

Pembelajaran selalu menjadi bagian penting dalam kehidupan kita, tetapi sering kali kita merasa seperti kita hanya menghafal fakta dan angka tanpa benar-benar memahami apa yang kita pelajari. Prinsip Understanding by Design, yang dikembangkan oleh Wiggins dan McTighe, bertujuan untuk mengubah cara kita belajar dengan membuat kita aktif dalam proses pembelajaran. Dengan menerapkan prinsip-prinsip ini, kita dapat mencari makna dalam pembelajaran dan mengubahnya menjadi pengalaman yang lebih bermakna dan menarik. Prinsip Understanding by Design didasarkan pada gagasan bahwa kita harus memulai dengan apa yang ingin kita capai sebelum kita memulai proses pembelajaran. Ini berarti bahwa kita harus memulai dengan pertanyaan "Apa yang ingin saya capai?" dan kemudian bekerja mundur untuk menentukan apa yang perlu kita pelajari untuk mencapai tujuan tersebut. Dengan cara ini, kita dapat memastikan bahwa kita fokus pada apa yang benar-benar penting dan menghindari menghafal informasi yang tidak relevan. Salah satu aspek kunci dari prinsip Understanding by Design adalah memecah pembelajaran menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan mudah dikelola. Ini disebut sebagai "unit desain," dan mereka membantu kita memecah topik yang lebih besar menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan fokus. Dengan memecah topik menjadi unit-unit yang lebih kecil, kita dapat lebih mudah memahami dan mengingat informasi yang kita pelajari. Prinsip Understanding by Design juga menekankan pentingnya mengevaluasi kemajuan kita secara teratur selama proses pembelajaran. Ini berarti bahwa kita harus secara teratur mengevaluasi apa yang telah kita pelajari dan menyesuaikan rencana pembelajaran kita sesuai kebutuhan. Dengan cara ini, kita dapat memastikan bahwa kita tetap fokus dan tidak kehilangan jalur. Menerapkan prinsip Understanding by Design dapat membantu kita mencari makna dalam pembelajaran dan mengubahnya menjadi pengalaman yang lebih bermakna dan men. Dengan memulai dengan apa yang ingin kita capai, memecah pembelajaran menjadi unit-unit yang lebih kecil, dan mengevaluasi kemajuan kita secara teratur, kita dapat memastikan bahwa kita benar-benar memahami apa yang kita pelajari. Jadi, mari kita mulai mencari makna dalam pembelajaran dan mengubahnya menjadi pengalaman yang lebih bermakna dan menarik.