Tahapan Pelaksanaan Re-Akreditasi Perguruan Tinggi

4
(212 votes)

<br/ >Program kerja re-akreditasi perguruan tinggi mengikuti tahapan pelaksanaan sebagai berikut: <br/ > <br/ >1. Pembentukan Tim Akreditasi <br/ >Tahap pertama dalam re-akreditasi perguruan tinggi adalah pembentukan tim akreditasi. Tim ini terdiri dari unsur pimpinan STIKes, unsur SPMI, unsur program studi, dan unsur unit penunjang. Tim ini bertanggung jawab untuk mengawasi dan memastikan bahwa proses re-akreditasi berjalan dengan lancar. <br/ > <br/ >2. Persiapan Akreditasi <br/ >Setelah tim akreditasi terbentuk, tahap selanjutnya adalah persiapan akreditasi. Kegiatan persiapan ini meliputi pengisian borang IPEPA (Instrumen Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi) dan menyusun kelengkapan dokumen akreditasi. Persiapan yang matang dan lengkap akan memastikan bahwa proses akreditasi berjalan dengan baik. <br/ > <br/ >3. Pelaksanaan Akreditasi <br/ >Setelah persiapan selesai, tahap berikutnya adalah pelaksanaan akreditasi. Pelaksanaan ini melibatkan penilaian IPEPA dan dokumen oleh para asesor BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Jika hasil penilaian memenuhi kriteria minimal, maka tidak akan dilakukan assesmen lapangan. Namun, jika hasil penilaian tidak memenuhi kriteria minimal, maka akan dilakukan assesmen lapangan untuk memastikan kualitas perguruan tinggi. <br/ > <br/ >4. Penetapan Hasil Re-Akreditasi <br/ >Setelah pelaksanaan akreditasi selesai, tahap terakhir adalah penetapan hasil re-akreditasi. Hasil kegiatan re-akreditasi ditetapkan melalui surat keputusan dari BAN-PT. Selanjutnya, dilakukan pendaftaran Instrumen Suplemen Konversi (ISK) untuk mengkonversi peringkat akreditasi lama ke peringkat akreditasi baru. Proses ini penting untuk memastikan bahwa perguruan tinggi terus meningkatkan kualitasnya. <br/ > <br/ >Dalam kesimpulan, tahapan pelaksanaan re-akreditasi perguruan tinggi melibatkan pembentukan tim akreditasi, persiapan akreditasi, pelaksanaan akreditasi, dan penetapan hasil re-akreditasi. Proses ini penting untuk memastikan bahwa perguruan tinggi terus meningkatkan kualitasnya dan memberikan pendidikan yang berkualitas kepada mahasiswa.