Manfaat Sekolah Inklusi bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus
Sekolah inklusi telah menjadi metode pendidikan yang direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Perserikatan Bangsa-Bangsa (WHO) dan telah diterapkan di Korea Selatan sejak tahun 1998. Sekolah inklusi memiliki beberapa keistimewaan yang membuatnya menjadi pilihan yang ideal bagi peserta didik berkebutuhan khusus. Salah satu keistimewaan utama adalah pembelajaran yang bersifat kolaboratif, di mana ada kerja sama antara seluruh peserta kelas, mulai dari guru kelas hingga guru pendamping kelas, untuk mewujudkan kesuksesan pembelajaran. Selain itu, sekolah inklusi juga membantu peserta didik berkebutuhan khusus untuk tidak lagi dianggap berbeda dari peserta didik lainnya. Mereka terbiasa melibatkan peserta didik berkebutuhan khusus dalam setiap kegiatan mereka, sehingga mengurangi perbedaan antara peserta didik berkebutuhan khusus dan peserta didik biasa. Namun, tidak semua sekolah dapat menjadi sekolah inklusi. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh sebuah sekolah inklusi, seperti keterlibatan pemikiran seluruh penyelenggara sekolah, fasilitas yang memadai untuk peserta didik berkebutuhan khusus, dan ketersediaan guru pendamping (service teacher) yang sudah dibekali keterampilan mengawasi dan merawat peserta didik berkebutuhan khusus. Menurut Jia Song, ABK yang mengalami ketidakmampuan intelektual juga diikutsertakan di kelas. Oleh karena itu, orang tua, psikolog, dan guru selalu diikutsertakan dalam menyusun kurikulum pembelajaran. Hal ini membantu memastikan bahwa peserta didik berkebutuhan khusus mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu, Joko Yuwono, praktisi dan pemerhati pendidikan dari Universitas Ageng Tirtayasa Serang, mengatakan bahwa inklusi sudah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 70 Tahun 2009. Aturan ini menyatakan bahwa seluruh sekolah, baik negeri maupun swasta, di tingkat SD, SMP, dan SMA harus menyediakan pendidikan bagi peserta didik berkebutuhan khusus. Peraturan ini membantu memastikan bahwa peserta didik berkebutuhan khusus mendapatkan pendidikan yang setara dengan peserta didik lainnya. Dengan demikian, sekolah inklusi memberikan banyak manfaat bagi peserta didik berkebutuhan khusus. Mereka tidak hanya mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan mereka, tetapi juga terbiasa melibatkan peserta didik berkebutuhan khusus dalam setiap kegiatan mereka. Hal ini membantu mengurangi perbedaan antara peserta didik berkebutuhan khusus dan peserta didik biasa, serta memastikan bahwa semua peserta didik mendapatkan pendidikan yang setara dan berkualitas.