Perbandingan IPK Mahasiswa Bioteknologi Berdasarkan Jenis Kelamin di Mata Kuliah Biostatistik

4
(180 votes)

Pada tahun ajaran 2023-2024, dilakukan penelitian untuk menganalisis perbedaan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa bioteknologi berdasarkan jenis kelamin dalam mata kuliah biostatistika. Penelitian ini menggunakan data yang diolah menggunakan perangkat lunak SPSS, dengan hasil menunjukkan nilai signifikansi equal variances assumed sebesar 0.014 dan nilai signifikansi equal variances not assumed sebesar 0.109. Analisis data dilakukan menggunakan analisis independent-samples t-test dua sampel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan dalam IPK mahasiswa bioteknologi berdasarkan jenis kelamin dalam mata kuliah biostatistika. Dalam penelitian ini, sampel yang digunakan adalah mahasiswa bioteknologi yang mengambil mata kuliah biostatistika pada tahun ajaran 2023-2024. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam IPK mahasiswa bioteknologi berdasarkan jenis kelamin dalam mata kuliah biostatistika. Nilai signifikansi equal variances assumed sebesar 0.014 menunjukkan bahwa perbedaan ini signifikan secara statistik. Namun, nilai signifikansi equal variances not assumed sebesar 0.109 menunjukkan bahwa perbedaan ini tidak signifikan secara statistik. Penelitian ini memberikan wawasan yang penting dalam pemahaman tentang perbedaan IPK mahasiswa bioteknologi berdasarkan jenis kelamin dalam mata kuliah biostatistika. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dalam mata kuliah ini, serta memberikan informasi yang berharga bagi mahasiswa, dosen, dan institusi pendidikan. Dalam penelitian ini, penting untuk memperhatikan bahwa hasil analisis hanya berlaku untuk sampel yang digunakan dalam penelitian ini. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut dengan sampel yang lebih besar dan representatif dapat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang perbedaan IPK mahasiswa bioteknologi berdasarkan jenis kelamin dalam mata kuliah biostatistika. Dalam kesimpulan, penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dalam IPK mahasiswa bioteknologi berdasarkan jenis kelamin dalam mata kuliah biostatistika. Hasil ini memberikan kontribusi penting dalam pemahaman tentang faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa bioteknologi dalam mata kuliah ini.