Tantangan Pembelajaran Irregular Verb bagi Siswa Indonesia: Studi Kasus pada Kata Kerja _Write_

4
(234 votes)

Pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing seringkali menjadi tantangan bagi siswa Indonesia. Salah satu aspek yang sering menimbulkan kesulitan adalah penguasaan irregular verb atau kata kerja tidak beraturan. Dalam artikel ini, kita akan memfokuskan pembahasan pada tantangan yang dihadapi siswa Indonesia dalam mempelajari irregular verb, dengan mengambil studi kasus pada kata kerja "write".

Irregular verb merupakan kata kerja yang tidak mengikuti pola pembentukan umum dalam bahasa Inggris. Berbeda dengan regular verb yang hanya perlu menambahkan "-ed" di akhir kata untuk membentuk bentuk lampau dan past participle, irregular verb memiliki bentuk yang unik dan harus dihafalkan satu per satu. Hal ini sering menjadi sumber kebingungan dan kesalahan bagi siswa Indonesia yang terbiasa dengan sistem konjugasi yang lebih sederhana dalam bahasa Indonesia.

Kompleksitas Kata Kerja "Write"

Kata kerja "write" merupakan salah satu contoh irregular verb yang sering digunakan dalam komunikasi sehari-hari. Bentuk-bentuk kata kerja "write" adalah sebagai berikut:

- Infinitive: write

- Simple Past: wrote

- Past Participle: written

Kompleksitas kata kerja "write" terletak pada perubahan bentuk yang signifikan dari infinitive ke simple past dan past participle. Siswa Indonesia sering mengalami kesulitan dalam mengingat dan menggunakan bentuk-bentuk ini dengan tepat, terutama karena tidak ada pola yang dapat dijadikan acuan.

Interferensi Bahasa Ibu

Salah satu tantangan utama yang dihadapi siswa Indonesia dalam mempelajari irregular verb, termasuk kata kerja "write", adalah interferensi dari bahasa ibu. Dalam bahasa Indonesia, tidak ada perubahan bentuk kata kerja untuk menunjukkan perbedaan waktu. Misalnya, "Saya menulis surat" dapat digunakan untuk menyatakan tindakan di masa sekarang, masa lalu, atau masa depan. Hal ini berbeda dengan bahasa Inggris yang mengharuskan perubahan bentuk kata kerja sesuai dengan waktu kejadian.

Akibatnya, siswa Indonesia sering kali mengalami kesulitan dalam memahami konsep perubahan bentuk kata kerja dan cenderung menggunakan bentuk dasar "write" untuk semua konteks waktu. Misalnya, mereka mungkin mengatakan "I write a letter yesterday" alih-alih "I wrote a letter yesterday".

Kurangnya Eksposur dan Praktik

Tantangan lain dalam pembelajaran irregular verb, khususnya kata kerja "write", adalah kurangnya eksposur dan praktik yang memadai. Siswa Indonesia seringkali memiliki kesempatan terbatas untuk menggunakan bahasa Inggris di luar kelas, terutama dalam konteks yang memerlukan penggunaan bentuk lampau atau past participle dari kata kerja "write".

Kurangnya eksposur ini menyebabkan siswa kesulitan untuk mengingat dan menggunakan bentuk-bentuk irregular verb secara otomatis. Mereka mungkin dapat menghafalkan bentuk-bentuk tersebut untuk ujian, tetapi sering kali kesulitan menggunakannya secara spontan dalam komunikasi lisan atau tulisan.

Strategi Pembelajaran yang Kurang Efektif

Metode pembelajaran yang digunakan untuk mengajarkan irregular verb, termasuk kata kerja "write", juga dapat menjadi tantangan bagi siswa Indonesia. Pendekatan tradisional yang mengandalkan hafalan daftar kata kerja seringkali tidak efektif dalam jangka panjang. Siswa mungkin dapat mengingat bentuk-bentuk irregular verb untuk sementara waktu, tetapi sering kali lupa ketika harus menggunakannya dalam konteks yang nyata.

Selain itu, kurangnya kontekstualisasi dalam pembelajaran irregular verb dapat membuat siswa kesulitan memahami kapan dan bagaimana menggunakan bentuk-bentuk yang berbeda dari kata kerja "write". Mereka mungkin dapat menghafal "write-wrote-written", tetapi bingung kapan harus menggunakan "wrote" dan kapan harus menggunakan "written".

Solusi dan Strategi Pembelajaran

Untuk mengatasi tantangan dalam pembelajaran irregular verb, khususnya kata kerja "write", beberapa strategi dapat diterapkan:

1. Pembelajaran kontekstual: Mengajarkan penggunaan irregular verb dalam konteks kalimat dan situasi nyata dapat membantu siswa memahami kapan dan bagaimana menggunakan bentuk-bentuk yang berbeda.

2. Latihan intensif: Memberikan latihan yang cukup dan bervariasi untuk membantu siswa mengotomatisasi penggunaan irregular verb.

3. Penggunaan mnemonic devices: Teknik mengingat seperti lagu, rima, atau asosiasi visual dapat membantu siswa mengingat bentuk-bentuk irregular verb dengan lebih mudah.

4. Eksposur yang konsisten: Menyediakan kesempatan bagi siswa untuk terpapar dan menggunakan irregular verb secara teratur, baik melalui membaca, mendengarkan, atau berbicara.

5. Pendekatan komunikatif: Mengintegrasikan pembelajaran irregular verb ke dalam aktivitas komunikatif yang bermakna dapat membantu siswa melihat relevansi dan pentingnya penguasaan aspek gramatikal ini.

Pembelajaran irregular verb, termasuk kata kerja "write", memang merupakan tantangan bagi siswa Indonesia. Namun, dengan pemahaman yang baik tentang sumber kesulitan dan penerapan strategi pembelajaran yang tepat, tantangan ini dapat diatasi. Penting bagi guru dan siswa untuk menyadari bahwa penguasaan irregular verb adalah proses yang membutuhkan waktu dan latihan yang konsisten. Dengan pendekatan yang tepat dan motivasi yang kuat, siswa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam menggunakan irregular verb, khususnya kata kerja "write", dengan lebih akurat dan percaya diri dalam komunikasi bahasa Inggris mereka.