Menggunakan Extruded $Base/Boss$ untuk Menebalkan Objek dalam Model 3D
Dalam pembuatan model 3D, salah satu fitur yang sangat berguna adalah Extruded $Base/Boss$. Fitur ini memungkinkan kita untuk menebalkan objek 2D menjadi objek 3D dengan mudah. Namun, untuk menggunakan fitur ini, ada beberapa langkah yang perlu kita lakukan. Langkah pertama adalah membuat objek 2D pada Toolbar Sketch. Namun, penting untuk diingat bahwa objek yang kita buat harus terbalik. Dengan kata lain, jika objek kita memiliki sisi dalam dan sisi luar, kita harus memastikan bahwa sisi dalamnya yang menjadi sisi luar pada objek 2D yang kita buat. Hal ini penting karena Extruded $Base/Boss$ akan menebalkan objek ke arah sisi luar. Setelah kita membuat objek 2D terbalik, langkah selanjutnya adalah menggunakan Extruded $Base/Boss$. Pilih objek 2D yang ingin kita menebalkan, lalu pilih fitur Extruded $Base/Boss$ pada toolbar. Setelah itu, kita dapat memasukkan nilai ketebalan yang diinginkan untuk objek kita. Dengan mengklik OK, objek 2D kita akan menjadi objek 3D yang menebal sesuai dengan nilai ketebalan yang kita tentukan. Penting untuk diingat bahwa Extruded $Base/Boss$ hanya dapat digunakan pada objek 2D tertutup. Jadi, jika objek 2D yang kita buat tidak tertutup, kita perlu memastikan untuk menutupnya terlebih dahulu sebelum menggunakan fitur ini. Jika objek 2D kita terbuka, kita dapat menggunakan fitur lain pada Toolbar Sketch untuk menutupnya, seperti fitur Fill atau fitur Offset. Dalam kesimpulan, Extruded $Base/Boss$ adalah fitur yang sangat berguna dalam pembuatan model 3D. Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, kita dapat dengan mudah menebalkan objek 2D menjadi objek 3D yang sesuai dengan kebutuhan kita. Penting untuk diingat untuk membuat objek 2D terbalik, memastikan objek 2D tertutup, dan memasukkan nilai ketebalan yang diinginkan. Dengan menggunakan fitur ini, kita dapat menciptakan model 3D yang lebih realistis dan menarik.