Peran Taksonomi Bloom dalam Merancang KKO yang Berpusat pada Mahasiswa

4
(222 votes)

Taksonomi Bloom, sebuah kerangka kerja yang terkenal dalam pendidikan, telah lama digunakan untuk mengklasifikasikan tingkat kognitif yang terlibat dalam pembelajaran. Kerangka kerja ini memberikan panduan yang berharga bagi pendidik dalam merancang kegiatan pembelajaran yang menantang dan bermakna bagi siswa. Dalam konteks pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa, Taksonomi Bloom memainkan peran penting dalam merancang Kurikulum Keahlian Okupasi (KKO) yang efektif dan relevan. Artikel ini akan membahas peran Taksonomi Bloom dalam merancang KKO yang berpusat pada mahasiswa, dengan fokus pada bagaimana kerangka kerja ini dapat membantu dalam menentukan tujuan pembelajaran, memilih strategi pengajaran, dan menilai hasil belajar.

Menerjemahkan Tujuan Pembelajaran ke dalam Tingkat Kognitif

Taksonomi Bloom menyediakan enam tingkat kognitif yang dapat digunakan untuk mengklasifikasikan tujuan pembelajaran: pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis, dan evaluasi. Tingkat-tingkat ini disusun secara hierarkis, dengan pengetahuan sebagai tingkat terendah dan evaluasi sebagai tingkat tertinggi. Dalam merancang KKO yang berpusat pada mahasiswa, penting untuk menentukan tujuan pembelajaran yang selaras dengan tingkat kognitif yang diharapkan. Misalnya, jika tujuan pembelajaran adalah untuk mahasiswa dapat menerapkan pengetahuan mereka dalam situasi dunia nyata, maka tujuan tersebut akan berada pada tingkat aplikasi. Dengan menggunakan Taksonomi Bloom, pendidik dapat memastikan bahwa tujuan pembelajaran yang mereka tetapkan sesuai dengan tingkat kognitif yang ingin mereka capai.

Memilih Strategi Pengajaran yang Sesuai dengan Tingkat Kognitif

Taksonomi Bloom juga dapat membantu pendidik dalam memilih strategi pengajaran yang sesuai dengan tingkat kognitif yang ingin mereka capai. Untuk tujuan pembelajaran yang berada pada tingkat pengetahuan, strategi pengajaran seperti ceramah dan pengulangan mungkin cukup. Namun, untuk tujuan pembelajaran yang berada pada tingkat yang lebih tinggi, seperti analisis atau evaluasi, strategi pengajaran yang lebih interaktif dan menantang diperlukan. Misalnya, untuk mencapai tujuan pembelajaran pada tingkat analisis, pendidik dapat menggunakan strategi pengajaran seperti studi kasus, diskusi kelompok, atau proyek penelitian. Dengan memilih strategi pengajaran yang sesuai dengan tingkat kognitif, pendidik dapat memastikan bahwa mahasiswa terlibat dalam kegiatan pembelajaran yang menantang dan bermakna.

Menilai Hasil Belajar dengan Acuan Tingkat Kognitif

Taksonomi Bloom juga dapat digunakan untuk menilai hasil belajar mahasiswa. Dengan menggunakan kerangka kerja ini, pendidik dapat mengembangkan instrumen penilaian yang mengukur berbagai tingkat kognitif. Misalnya, untuk menilai pemahaman mahasiswa, pendidik dapat menggunakan tes pilihan ganda atau esai pendek. Untuk menilai kemampuan mahasiswa dalam menganalisis, pendidik dapat menggunakan tugas seperti menulis esai kritis atau melakukan presentasi. Dengan menggunakan instrumen penilaian yang selaras dengan tingkat kognitif, pendidik dapat memperoleh gambaran yang lebih lengkap tentang pemahaman dan kemampuan mahasiswa.

Kesimpulan

Taksonomi Bloom merupakan alat yang berharga bagi pendidik dalam merancang KKO yang berpusat pada mahasiswa. Kerangka kerja ini membantu dalam menentukan tujuan pembelajaran, memilih strategi pengajaran, dan menilai hasil belajar. Dengan menggunakan Taksonomi Bloom, pendidik dapat memastikan bahwa KKO yang mereka rancang menantang, bermakna, dan relevan dengan kebutuhan mahasiswa. Dengan demikian, mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk sukses dalam karir mereka.