Pola Bilangan dan Fungsi Matematik

4
(256 votes)

Pola Bilangan: Pada soal nomor 1, kita diberikan pola bilangan yang terdiri dari baris-baris bulatan. Tugas kita adalah menentukan rumus Un untuk pola tersebut. Dalam pola ini, setiap baris memiliki pola penambahan bulatan yang berbeda. Untuk menentukan rumus Un, kita perlu mencari pola penambahan bulatan pada setiap baris. Setelah menemukan pola tersebut, kita dapat menggunakan rumus Un = a + (n-1)d, di mana a adalah suku pertama dan d adalah selisih antar suku. Dengan menggunakan rumus ini, kita dapat menentukan suku ke-n dari pola tersebut. Banyaknya Bulatan pada Pola ke $-8!$: Pada soal nomor 2, kita diminta untuk menentukan banyaknya bulatan pada pola ke $-8!$. Untuk menyelesaikan masalah ini, kita perlu memahami pola penambahan bulatan pada setiap baris. Setelah itu, kita dapat menghitung jumlah bulatan pada setiap baris dan menjumlahkannya untuk mendapatkan total bulatan pada pola ke $-8!$. Relasi dalam Diagram Panah: Pada soal nomor 3, kita diberikan diagram panah yang mewakili sebuah relasi. Tugas kita adalah menentukan domain, kodomain, dan range dari relasi tersebut. Domain adalah himpunan semua input yang mungkin, kodomain adalah himpunan semua output yang mungkin, dan range adalah himpunan semua nilai output yang benar-benar terjadi dalam relasi tersebut. Dengan memeriksa diagram panah, kita dapat menentukan domain, kodomain, dan range dari relasi tersebut. Fungsi Matematika: Pada soal nomor 4, kita diberikan rumus fungsi f(x) = 5x - 2. Kita diminta untuk mencari nilai f(2) dan f(m), dan menentukan nilai m + n. Untuk mencari nilai f(2), kita cukup menggantikan x dengan 2 dalam rumus fungsi tersebut. Sedangkan untuk mencari nilai f(m), kita perlu menggantikan x dengan m. Setelah itu, kita dapat menentukan nilai m + n dengan menjumlahkan nilai m dan n yang telah kita temukan. Pembelian Oleh-oleh: Pada soal nomor 5, kita diberikan informasi tentang pembelian oleh-oleh oleh Bu Dina, Bu Zahra, dan Pak Rudi. Kita diminta untuk menjawab apakah Pak Rudi dapat membeli oleh-oleh yang diinginkannya. Untuk menjawab pertanyaan ini, kita perlu melakukan perhitungan total harga oleh-oleh yang dibeli oleh Bu Dina dan Bu Zahra, serta membandingkannya dengan uang yang dimiliki oleh Pak Rudi. Dengan demikian, artikel ini akan membahas tentang pola bilangan, fungsi matematika, dan pembelian oleh-oleh.