Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini
Pendidikan anak usia dini adalah tahap penting dalam perkembangan anak. Selama masa ini, orang tua dan sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter dan keterampilan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran orang tua dalam pendidikan anak usia dini di Universitas Lunndang Mangaras, Indonesia. Dalam penelitian ini, kami menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan sampel sebanyak 172 orang tua yang memiliki anak usia dini di sekolah tersebut. Kami menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner yang diberikan kepada responden. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dari peran orang tua dan pola asuh mereka terhadap prestasi anak di sekolah. Orang tua memiliki peran penting dalam memberikan pengarahan dan perhatian kepada anak-anak mereka. Dalam penelitian ini, kami menemukan bahwa orang tua yang aktif terlibat dalam pendidikan anak mereka memiliki anak yang lebih sukses di sekolah. Mereka memberikan dukungan emosional dan motivasi kepada anak-anak mereka, serta membantu mereka dalam belajar dan mengerjakan tugas sekolah. Selain itu, penelitian ini juga menyoroti peran teknologi dalam pendidikan anak usia dini. Orang tua yang menggunakan teknologi dengan bijak dalam mendukung pendidikan anak-anak mereka memiliki anak yang lebih terampil dalam menggunakan teknologi dan memiliki akses ke sumber daya pendidikan yang lebih luas. Dalam kesimpulan, penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua sangat penting dalam pendidikan anak usia dini. Orang tua yang terlibat aktif dalam pendidikan anak-anak mereka memiliki anak yang lebih sukses di sekolah. Selain itu, penggunaan teknologi yang bijak juga dapat membantu meningkatkan keterampilan anak dalam menggunakan teknologi dan mendapatkan akses ke sumber daya pendidikan yang lebih luas.