Meningkatkan Minat Siswa dalam Menulis Esai dengan Pendekatan Berbasis Pengalaman\x0a\x0a2.

4
(187 votes)

Pendahuluan: <br/ >Menulis esai adalah keterampilan penting yang harus dimiliki oleh siswa. Namun, banyak siswa yang kehilangan minatnya dalam menulis esai karena mereka merasa kesulitan dalam mengembangkan ide dan mengorganisir paragraf. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan baru untuk meningkatkan minat siswa dalam menulis esai. <br/ > <br/ >3. Bagian: <br/ >① Bagian pertama: Identifikasi Masalah <br/ >Masalah yang dihadapi adalah rendahnya minat siswa dalam menulis esai. Hal ini dapat dilihat dari penurunan hasil penugasan menulis esai yang dilakukan di sekolah. <br/ > <br/ >② Bagian kedua: Teori yang Relevan <br/ >Teori Motivasi Belajar dapat digunakan untuk memahami mengapa siswa kehilangan minatnya dalam menulis esai. Menurut teori ini, motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh sejumlah faktor seperti penerimaan, partisipasi, dan pemenuhan kebutuhan belajar. <br/ > <br/ >③ Bagian ketiga: Instrumen PTK <br/ >Untuk meningkatkan minat siswa dalam menulis esai, instrumen PTK yang akan digunakan adalah pendekatan berbasis pengalaman (PjBL). Pendekatan ini melibatkan penggunaan bahan ajar konkret dan relevan serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi secara langsung dengan materi pelajaran. <br/ > <br/ >4. Kesimpulan: <br/ >Dengan menggunakan pendekatan berbasis pengalaman (PjBL) dalam pembelajaran menulis esai, diharapkan dapat meningkatkan minat siswa dalam menulis esai dan membantu mereka mengembangkan keterampilan menulis yang lebih baik.