Perbandingan Prestasi Belajar di Madrasah Aliyah antara Siswa dari SMP dan MTs

3
(272 votes)

Dalam penelitian ini, akan dilakukan perbandingan prestasi belajar antara siswa dari SMP dan MTs di Madrasah Aliyah (MA). Data yang digunakan adalah hasil ujian siswa dari kedua jenjang pendidikan tersebut. Tabel berikut menunjukkan jumlah siswa dari masing-masing jenjang pendidikan dan prestasi belajar mereka: | Jenjang Pendidikan | Prestasi Baik | Prestasi Tidak Baik | |--------------------|---------------|---------------------| | SMP | 35 | 20 | | MTs | 25 | 20 | Dari tabel di atas, dapat dilihat bahwa terdapat 35 siswa dari SMP dengan prestasi belajar baik, sedangkan 20 siswa dari SMP memiliki prestasi belajar yang tidak baik. Sementara itu, terdapat 25 siswa dari MTs dengan prestasi belajar baik, dan 20 siswa dari MTs memiliki prestasi belajar yang tidak baik. Untuk menganalisis perbedaan prestasi belajar antara siswa dari SMP dan MTs, akan digunakan teknik statistik Chi Kuadrat ($x^{2}$). Teknik ini akan membantu dalam menentukan apakah perbedaan prestasi belajar antara kedua jenjang pendidikan tersebut signifikan atau tidak. Dengan menggunakan teknik Chi Kuadrat, akan dilakukan analisis statistik terhadap data prestasi belajar siswa dari SMP dan MTs di Madrasah Aliyah. Hasil analisis ini akan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang perbandingan prestasi belajar antara kedua jenjang pendidikan tersebut. Dalam analisis statistik ini, akan diperhatikan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa, seperti latar belakang pendidikan, motivasi, dan lingkungan belajar. Hal ini akan membantu dalam memahami faktor-faktor yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat memberikan wawasan baru tentang perbandingan prestasi belajar antara siswa dari SMP dan MTs di Madrasah Aliyah. Hasil penelitian ini juga dapat menjadi acuan bagi pihak sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran di kedua jenjang pendidikan tersebut. Dalam kesimpulan, perbandingan prestasi belajar antara siswa dari SMP dan MTs di Madrasah Aliyah akan dianalisis menggunakan teknik Chi Kuadrat. Hasil analisis ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa di kedua jenjang pendidikan tersebut.