Analisis Nilai Siswa Kelas III SMK di Kota A Menggunakan Metode Rata-rata Sementar

4
(270 votes)

Dalam artikel ini, kita akan menganalisis data nilai siswa kelas III SMK di Kota A menggunakan metode rata-rata sementara. Data yang akan kita gunakan adalah 100 nilai siswa yang terbagi dalam beberapa rentang frekuensi. Tujuan dari analisis ini adalah untuk menentukan median, modus, dan rata-rata nilai siswa. Dalam data ini, terdapat beberapa rentang frekuensi dan jumlah siswa yang mendapatkan nilai dalam rentang tersebut. Rentang frekuensi yang ada adalah 50-54 (2 siswa), 55-59 (8 siswa), 60-64 (17 siswa), 65-69 (42 siswa), 70-74 (21 siswa), 75-79 (80-84 (1 siswa). Pertama-tama, kita akan mencari median dari data ini. Median adalah nilai tengah dari data ketika diurutkan dari yang terkecil hingga yang terbesar. Dalam hal ini, kita memiliki 100 nilai siswa, sehingga median akan berada pada posisi ke-50. Dengan mengurutkan data, kita dapat menemukan bahwa nilai siswa ke-50 adalah 65-69. Oleh karena itu, median dari data ini adalah 65-69. Selanjutnya, kita akan mencari modus dari data ini. Modus adalah nilai yang paling sering muncul dalam data. Dalam hal ini, kita dapat melihat bahwa rentang frekuensi dengan jumlah siswa terbanyak adalah 65-69 dengan 42 siswa. Oleh karena itu, modus dari data ini adalah 65-69. Terakhir, kita akan mencari rata-rata dari data ini menggunakan metode rata-rata sementara. Metode ini menghitung rata-rata dengan mengalikan setiap nilai dengan frekuensinya, menjumlahkannya, dan kemudian membaginya dengan jumlah total frekuensi. Dalam hal ini, kita dapat menghitung rata-rata dengan menggunakan rumus berikut: Rata-rata = (50-54 * 2 + 55-59 * 8 + 60-64 * 17 + 65-69 * 42 + 70-74 * 21 + 75-79 * 80-84 * 1) / (2 + 8 + 17 + 42 + 21 + 1) Setelah menghitung, kita dapat menemukan bahwa rata-rata dari data ini adalah [nilai rata-rata]. Dengan demikian, berdasarkan analisis menggunakan metode rata-rata sementara, median dari data ini adalah 65-69, modusnya adalah 65-69, dan rata-ratanya adalah [nilai rata-rata]. Analisis ini memberikan gambaran tentang distribusi nilai siswa kelas III SMK di Kota A dan dapat digunakan sebagai acuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah tersebut.