Meningkatkan Motivasi Intrinsik Siswa dalam Pembelajaran IPS di Kelas 4 dengan Pendekatan Inquiry Terbimbing
Pendahuluan: Pembelajaran IPS di kelas 4 membutuhkan pendekatan yang efektif untuk meningkatkan motivasi intrinsik siswa. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan bagaimana pendekatan inquiry terbimbing dapat digunakan oleh guru untuk menumbuhkan motivasi intrinsik siswa dalam pembelajaran IPS. Kegiatan Awal: Guru dapat memulai pembelajaran dengan memperkenalkan topik yang menarik dan relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Misalnya, guru dapat menggunakan gambar atau video untuk memperkenalkan topik "Pentingnya Menjaga Lingkungan Bersih". Guru juga dapat mengajukan pertanyaan terbuka kepada siswa untuk memancing minat dan rasa ingin tahu mereka. Kegiatan Inti: Dalam kegiatan inti, guru dapat menggunakan pendekatan inquiry terbimbing untuk melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Guru dapat memberikan pertanyaan-pertanyaan terbimbing kepada siswa untuk mendorong mereka berpikir kritis dan mencari jawaban melalui eksplorasi dan penelitian. Misalnya, guru dapat memberikan pertanyaan seperti "Bagaimana dampak sampah plastik terhadap lingkungan?" atau "Apa yang dapat kita lakukan untuk mengurangi penggunaan plastik?" Kegiatan Penutup: Pada akhir pembelajaran, guru dapat mengajak siswa untuk berbagi temuan dan pemahaman mereka. Guru juga dapat memberikan umpan balik positif kepada siswa untuk mengapresiasi upaya mereka dalam pembelajaran. Selain itu, guru dapat memberikan tugas atau proyek kecil kepada siswa untuk menerapkan pengetahuan yang mereka peroleh dalam kehidupan sehari-hari. Kesimpulan: Pendekatan inquiry terbimbing dapat menjadi alat yang efektif bagi guru dalam menumbuhkan motivasi intrinsik siswa dalam pembelajaran IPS di kelas 4. Dengan memulai pembelajaran dengan kegiatan awal yang menarik, melibatkan siswa dalam kegiatan inti yang mendorong berpikir kritis, dan memberikan umpan balik positif pada akhir pembelajaran, guru dapat membantu siswa mengembangkan minat dan rasa ingin tahu yang lebih dalam terhadap IPS.