Mengatasi Kekurangan Praktik Mengajar di Kelas Pemantauan Guru
<br/ >Praktik mengajar adalah bagian penting dari menjadi seorang guru, dan sangat penting untuk mengajarkan siswa tentang bagaimana belajar secara efektif. Namun, ada beberapa kekurangan umum yang dapat menghambat proses belajar bagi siswa. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa kekurangan ini dan menawarkan beberapa strategi untuk mengatasi mereka. <br/ >Salah satu kekurangan utama adalah kurangnya apersepsi. Ini berarti bahwa guru tidak mengingatkan siswa tentang materi yang telah dipelajari sebelumnya, yang dapat membuat siswa kehilangan konteks dan kesulitan mengingat apa yang telah dipelajari. Untuk mengatasi ini, guru dapat menggunakan teknik seperti merangkum materi sebelumnya atau memberikan ringkasan singkat tentang apa yang telah dipelajari. <br/ >Kekurangan lain adalah kurangnya penguatan. Ini berarti bahwa guru tidak memberikan umpan balik atau pengakuan kepada siswa atas pekerjaan mereka, yang dapat membuat siswa merasa tidak dihargai dan kurang termotivasi. Untuk mengatasi ini, guru dapat memberikan pujian atau umpan balik yang spesifik kepada siswa, atau memberikan kesempatan bagi siswa untuk berbagi pekerjaan mereka dengan kelas. <br/ >Kekurangan lain adalah kurangnya penggunaan media yang kreatif. Ini berarti bahwa guru tidak menggunakan bahan atau sumber daya yang menarik dan menarik perhatian siswa, yang dapat membuat siswa kehilangan minat dalam materi. Untuk mengatasi ini, guru dapat menggunakan video, gambar, atau bahan interaktif lainnya untuk membuat materi lebih menarik. <br/ >Kekurangan lain adalah kurangnya penjelasan tujuan pembelajaran. Ini berarti bahwa guru tidak menjelaskan dengan jelas apa yang akan dipelajari siswa atau bagaimana itu relevan dengan kehidupan nyata. Untuk mengatasi ini, guru dapat memberikan ringkasan singkat tentang apa yang akan dipelajari atau menunjukkan bagaimana itu relevan dengan kehidupan nyata. <br/ >Kekurangan lain adalah kurangnya validasi soal. Ini berarti bahwa guru tidak memverifikasi bahwa siswa memahami dipelajari. Untuk mengatasi ini, guru dapat menggunakan penilaian atau kuis untuk memverifikasi pemahaman siswa dan memberikan umpan balik yang spesifik. <br/ >Secara ringkas, ada beberapa kekurangan umum yang dapat menghambat proses belajar bagi siswa. Dengan mengatasi kekurangan ini, guru dapat membantu siswa belajar secara efektif dan mencapai potensi penuh mereka.