Hubungan Antara Nilai dan Sikap dalam Kurikulum IPS SDKTSP 2006 di Kelas Tinggi
Dalam kurikulum IPS SDKTSP 2006 di kelas tinggi, terdapat hubungan erat antara nilai dan sikap. Nilai-nilai yang ditanamkan dalam kurikulum tersebut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembentukan sikap siswa. Sebagai contoh, ketika siswa mempelajari tentang pentingnya toleransi dalam pelajaran sejarah, mereka akan mengembangkan sikap saling menghargai terhadap perbedaan budaya dan agama. Begitu pula ketika siswa mempelajari nilai-nilai kejujuran dan integritas dalam mata pelajaran geografi, hal ini dapat membentuk sikap jujur dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, kurikulum IPS SDKTSP 2006 di kelas tinggi tidak hanya memberikan pengetahuan tentang fakta-fakta sejarah, geografi, dan sosial, tetapi juga berperan dalam membentuk karakter dan sikap positif siswa. Hal ini menegaskan bahwa nilai itu benar-benar menyebabkan sikap, dan kurikulum tersebut menjadi wadah yang efektif dalam membentuk generasi muda yang memiliki sikap yang baik dan sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa.