Status Halal Rajungan: Pandangan Berbeda Mazhab dalam Islam

4
(348 votes)

Status Halal Rajungan: Pendahuluan

Rajungan, juga dikenal sebagai kepiting biru, adalah salah satu jenis seafood yang populer di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Namun, status halal rajungan sering menjadi subjek perdebatan di kalangan umat Islam. Beberapa mazhab dalam Islam memiliki pandangan yang berbeda tentang hal ini. Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang status halal rajungan dari perspektif berbagai mazhab dalam Islam.

Pandangan Mazhab Hanafi

Menurut mazhab Hanafi, rajungan tidak dianggap halal. Alasan utamanya adalah rajungan adalah hewan yang hidup di dua alam, yaitu darat dan air. Mazhab Hanafi berpendapat bahwa hewan yang hidup di dua alam tidak halal untuk dikonsumsi. Hal ini didasarkan pada hadits Nabi Muhammad SAW yang menyatakan bahwa hewan darat yang tidak memiliki darah merah tidak halal untuk dimakan.

Pandangan Mazhab Maliki

Berbeda dengan mazhab Hanafi, mazhab Maliki menganggap rajungan halal untuk dikonsumsi. Mazhab ini berpendapat bahwa semua hewan laut, termasuk rajungan, adalah halal. Hal ini didasarkan pada ayat Al-Quran yang menyatakan bahwa semua hewan laut adalah halal untuk dimakan. Mazhab Maliki juga berpendapat bahwa rajungan tidak termasuk dalam kategori hewan yang hidup di dua alam, karena rajungan sebagian besar hidup di air.

Pandangan Mazhab Syafi'i

Mazhab Syafi'i juga menganggap rajungan halal untuk dikonsumsi. Mazhab ini berpendapat bahwa semua hewan laut, termasuk rajungan, adalah halal. Hal ini didasarkan pada ayat Al-Quran yang menyatakan bahwa semua hewan laut adalah halal untuk dimakan. Mazhab Syafi'i juga berpendapat bahwa rajungan tidak termasuk dalam kategori hewan yang hidup di dua alam, karena rajungan sebagian besar hidup di air.

Pandangan Mazhab Hanbali

Mazhab Hanbali memiliki pandangan yang sama dengan mazhab Hanafi, yaitu rajungan tidak halal untuk dikonsumsi. Mazhab ini berpendapat bahwa hewan yang hidup di dua alam, seperti rajungan, tidak halal. Hal ini didasarkan pada hadits Nabi Muhammad SAW yang menyatakan bahwa hewan darat yang tidak memiliki darah merah tidak halal untuk dimakan.

Kesimpulan Status Halal Rajungan

Dari pembahasan di atas, dapat dilihat bahwa status halal rajungan dalam Islam sangat bergantung pada mazhab yang diikuti. Mazhab Hanafi dan Hanbali berpendapat bahwa rajungan tidak halal, sementara mazhab Maliki dan Syafi'i berpendapat bahwa rajungan halal. Oleh karena itu, bagi umat Islam yang ingin mengonsumsi rajungan, disarankan untuk mengikuti pandangan mazhab yang mereka anut.