Membentuk Kedisiplinan di Sekolah: Peran Guru dan Kepala Sekolah

4
(288 votes)

Kedisiplinan merupakan suatu kondisi yang terbentuk dari proses dan serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai ketaatan, kepatuhan, dan ketertiban. Bagaimana kedisiplinan ini bisa diraih? Sekolah menjadi tempat yang penting dalam membentuk kedisiplinan. Kedisiplinan siswa dapat tumbuh dan berkembang jika iklim sekolah menunjukkan kedisiplinan. Siswa baru akan segera menyesuaikan diri dengan situasi di sekolah jika situasi tersebut teratur dan terdisiplin. Peran guru dan kepala sekolah sangat penting dalam membentuk kedisiplinan di sekolah. Mereka memiliki tanggung jawab dalam merancang, melaksanakan, dan mempertahankan kedisiplinan di sekolah. Guru harus menjadi contoh yang baik dalam hal kedisiplinan. Mereka harus menunjukkan ketaatan terhadap aturan dan tata tertib sekolah. Guru juga harus menerapkan aturan dengan konsisten dan adil. Dengan demikian, siswa akan melihat pentingnya kedisiplinan dan akan mengikuti contoh yang ditunjukkan oleh guru. Kepala sekolah juga memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk kedisiplinan di sekolah. Mereka harus menciptakan iklim sekolah yang kondusif untuk kedisiplinan. Kepala sekolah harus memiliki visi yang jelas tentang kedisiplinan dan harus mengkomunikasikan visi tersebut kepada seluruh anggota sekolah. Mereka juga harus memastikan bahwa aturan dan tata tertib sekolah diterapkan secara konsisten dan adil. Kepala sekolah juga harus memberikan sanksi yang tepat dan proporsional kepada siswa yang melanggar aturan. Dengan adanya kepala sekolah yang tegas dan konsisten, siswa akan merasa aman dan nyaman dalam lingkungan sekolah yang teratur dan terdisiplin. Selain peran guru dan kepala sekolah, kesadaran diri juga merupakan faktor penting dalam membentuk kedisiplinan. Siswa harus menyadari bahwa kedisiplinan penting untuk nilai diri dan kesuksesan mereka. Dengan memiliki kesadaran diri yang kuat, siswa akan lebih termotivasi untuk menerapkan kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari. Penghargaan dan hukuman juga merupakan langkah dalam menerapkan dan mempraktikkan aturan yang mengatur perilaku individu. Alat-alat pendidikan seperti konsekuensi, perubahan, pembinaan, dan pembentukan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai yang ditentukan atau diajarkan. Hukuman merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan kesadaran, memperbaiki, dan memperbaiki kesalahan sehingga siswa kembali pada perilaku yang sesuai dengan harapan. Dalam kesimpulan, kedisiplinan merupakan kondisi yang terbentuk dari proses dan serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai ketaatan, kepatuhan, dan ketertiban. Sekolah memiliki peran yang penting dalam membentuk kedisiplinan siswa. Guru dan kepala sekolah memiliki tanggung jawab dalam merancang, melaksanakan, dan mempertahankan kedisiplinan di sekolah. Kesadaran diri juga merupakan faktor penting dalam membentuk kedisiplinan. Penghargaan dan hukuman juga merupakan langkah dalam menerapkan dan mempraktikkan aturan yang mengatur perilaku individu. Dengan adanya upaya yang konsisten dan kolaboratif dari semua pihak terkait, kedisiplinan di sekolah dapat terwujud dengan baik.