Membuka dan Menutup Pembelajaran: Strategi untuk Guru

4
(147 votes)

Membuka dan menutup pembelajaran adalah dua aspek penting dari proses pengajaran dan pembelajaran. Ini adalah saat ketika guru dapat menetapkan nada dan menetapkan harapan untuk siswa, serta memberikan kesempatan untuk refleksi dan refleksi. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa strategi yang dapat digunakan oleh guru untuk membuka dan menutup pembelajaran dengan efektif. 1. Membuka pembelajaran dengan aktivitas yang menarik perhatian: Mulailah kelas dengan aktivitas yang menarik perhatian yang dapat menarik perhatian siswa dan menetapkan suasana yang positif. Ini bisa berupa permainan, diskusi kelompok, atau bahkan kegiatan kreatif seperti menggambar atau menulis. Ini akan membantu siswa merasa lebih terlibat dan siap untuk belajar. 2. Menetapkan harapan dan tujuan yang jelas: Pada awal kelas, penting bagi guru untuk menetapkan harapan dan tujuan yang jelas untuk siswa. Ini akan membantu siswa memahami apa yang diharapkan dari mereka dan apa yang mereka cari dari pelajaran. Ini juga akan membantu siswa merasa lebih termotivasi dan fokus. 3. Membuka pembelajaran dengan cerita pribadi: Mulailah kelas dengan berbagi cerita pribadi yang relevan dengan topik yang sedang dipelajari. Ini akan membantu siswa menghubungkan materi dengan pengalaman dunia nyata mereka dan membuat pelajaran lebih menarik. 4. Menutup pembelajaran dengan kesempatan refleksi: Pada akhir kelas, penting bagi guru untuk memberikan kesempatan bagi siswa untuk merenungkan apa yang telah mereka pelajari. Ini bisa berupa diskusi kelompok, jurnal, atau bahkan kegiatan kreatif Ini akan membantu siswa merenifikasi apa yang mereka pelajari. 5. Menutup pembelajaran dengan aktivitas yang menarik perhatian: Akhiri kelas dengan aktivitas yang menarik perhatian yang dapat menarik perhatian siswa dan menetapkan suasana yang positif. Ini bisa berupa permainan, diskusi kelompok, atau bahkan kegiatan kreatif seperti menggambar atau menulis. Ini akan membantu siswa merasa lebih terlibat dan siap untuk belajar. Dengan mengimplementasikan strategi-strategi ini, guru dapat membuka dan menutup pembelajaran dengan efektif, membantu siswa merasa lebih terlibat dan termotivasi. Dengan memulai kelas dengan aktivitas yang menarik perhatian, menetapkan harapan dan tujuan yang jelas, berbagi cerita pribadi, memberikan kesempatan refleksi, dan menutup kelas dengan aktivitas yang menarik perhatian, guru dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang positif dan menarik.