Hubungan antara Grammar Skill dan Reading Skill dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

4
(199 votes)

Dalam penelitian ini, kami akan membahas hubungan antara Grammar Skill dan Reading Skill dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan oleh Diva, seorang guru Bahasa Inggris di SMF Going Royong. Diva mengumpulkan data dari 30 sampel siswa dan menganalisis hubungan antara kemampuan tata bahasa (Grammar Skill) dengan kemampuan membaca (Reading Skill) dalam pembelajaran Bahasa Inggris. a. Langkah-langkah yang Dilakukan oleh Diva untuk Membuktikan Hubungan antara Grammar Skill dan Reading Skill Dalam penelitiannya, Diva melakukan pengambilan data dari 30 sampel siswa. Setiap siswa diberikan tes untuk mengukur kemampuan tata bahasa (Grammar Skill) dan kemampuan membaca (Reading Skill). Data yang diperoleh Diva menunjukkan variasi dalam skor Grammar Skill dan Reading Skill siswa. Diva kemudian menganalisis data tersebut untuk menentukan apakah ada hubungan antara Grammar Skill dan Reading Skill. b. Hipotesis Statistik yang Dapat Dirumuskan Dalam penelitiannya, Diva dapat merumuskan hipotesis statistik yang relevan untuk menguji hubungan antara Grammar Skill dan Reading Skill. Hipotesis tersebut dapat berbunyi: "Terdapat hubungan positif antara Grammar Skill dan Reading Skill dalam pembelajaran Bahasa Inggris." c. Uji Statistik yang Tepat untuk Membuktikan Hipotesis dan Alasan Menggunakan Uji Statistik Tersebut Untuk membuktikan hipotesis tersebut, Diva dapat menggunakan uji korelasi Pearson. Uji korelasi Pearson digunakan untuk mengukur kekuatan dan arah hubungan antara dua variabel. Dalam hal ini, Diva dapat menggunakan uji korelasi Pearson untuk mengukur hubungan antara Grammar Skill dan Reading Skill siswa. Alasan menggunakan uji korelasi Pearson adalah karena kedua variabel tersebut bersifat kontinu dan memiliki hubungan linier. d. Persentase Variabel Reading Skill yang Dapat Dijelaskan oleh Grammar Skill Dalam penelitiannya, Diva dapat menghitung koefisien determinasi (R^2) untuk mengetahui persentase variabel Reading Skill yang dapat dijelaskan oleh Grammar Skill. Koefisien determinasi mengukur seberapa besar variasi dalam variabel dependen yang dapat dijelaskan oleh variabel independen. Dalam hal ini, persentase variabel Reading Skill yang dapat dijelaskan oleh Grammar Skill dapat dihitung dengan mengkuadratkan koefisien korelasi antara kedua variabel tersebut. Dengan demikian, penelitian ini akan membahas langkah-langkah yang dilakukan oleh Diva untuk membuktikan hubungan antara Grammar Skill dan Reading Skill, merumuskan hipotesis statistik yang relevan, menggunakan uji statistik yang tepat untuk membuktikan hipotesis, dan menghitung persentase variabel Reading Skill yang dapat dijelaskan oleh Grammar Skill.