Analisis Proses Pembelajaran tentang Sistem Pencernaan Manusia yang Dilakukan oleh Bu Manda di Kelas V SD
<br/ >Proses pembelajaran yang dilakukan oleh Bu Manda dalam mengajarkan IPA dengan topik organ tubuh manusia dan hewan, khususnya sistem pencernaan manusia, menunjukkan beberapa kegiatan penting. <br/ > <br/ >1. Apersepsi tentang Organ Pencernaan <br/ >Bu Manda memberikan apersepsi kepada siswa mengenai sistem pencernaan pada manusia dan hewan, serta tujuan pembelajaran yang akan dicapai terkait organ-organ pencernaan dan fungsinya. <br/ > <br/ >2. Penggunaan Media Visual <br/ >Bu Manda menggunakan gambar sistem pencernaan manusia dan model sistem pencernaan manusia (torso anatomi manusia) untuk membantu siswa memahami letak dan fungsi organ-organ pencernaan. <br/ > <br/ >3. Kegiatan Interaktif <br/ >Mengajak siswa untuk mencoba mengunyah dan menelan makanan guna merasakan jalannya proses pencernaan makanan melalui organ-organ pencernaan tersebut, serta melakukan tanya jawab tentang nama-nama organ pernapasan manusia. <br/ > <br/ >4. Evaluasi Hasil Belajar <br/ >Meskipun telah melakukan berbagai kegiatan pembelajaran secara interaktif, hasil evaluasi belajar tidak sesuai harapan dengan hanya 8 dari 25 siswa yang mencapai nilai 75 ke atas. <br/ > <br/ >Dalam analisis ini juga akan dibahas faktor-faktor positif maupun negatif selama proses pembelajaran yang dapat mempengaruhi capaian hasil belajar siswa. <br/ >