Strategi Efektif Guru dalam Mengatasi Perilaku Disruptif di Kelas

4
(169 votes)

Mengenal Perilaku Disruptif di Kelas

Perilaku disruptif di kelas adalah suatu kondisi di mana siswa menunjukkan perilaku yang mengganggu proses belajar mengajar. Perilaku ini bisa berupa sikap tidak menghormati guru, mengganggu teman, atau tidak mematuhi aturan yang ada di kelas. Perilaku disruptif ini tentunya menjadi tantangan bagi guru dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif. Oleh karena itu, strategi efektif guru dalam mengatasi perilaku disruptif di kelas sangat dibutuhkan.

Strategi Proaktif dalam Mengatasi Perilaku Disruptif

Strategi proaktif adalah strategi yang dilakukan sebelum perilaku disruptif muncul. Guru dapat menerapkan aturan kelas yang jelas dan konsisten. Aturan ini harus disampaikan dengan jelas kepada siswa sejak awal pembelajaran. Selain itu, guru juga perlu membangun hubungan yang baik dengan siswa. Hubungan yang baik ini dapat membantu guru dalam mengidentifikasi potensi perilaku disruptif dan mencegahnya sebelum terjadi.

Strategi Reaktif dalam Mengatasi Perilaku Disruptif

Strategi reaktif adalah strategi yang dilakukan setelah perilaku disruptif muncul. Guru harus merespons dengan cepat dan tepat saat perilaku disruptif muncul. Respon ini bisa berupa teguran, hukuman, atau pembinaan. Namun, guru harus memastikan bahwa respon ini tidak menimbulkan dampak negatif bagi siswa. Oleh karena itu, respon harus dilakukan dengan bijaksana dan penuh pertimbangan.

Menggunakan Pendekatan Positif dalam Mengatasi Perilaku Disruptif

Pendekatan positif adalah pendekatan yang menekankan pada penguatan perilaku positif siswa. Guru dapat memberikan pujian atau hadiah kepada siswa yang menunjukkan perilaku positif. Pendekatan ini dapat memotivasi siswa untuk selalu berperilaku baik dan menghindari perilaku disruptif. Selain itu, pendekatan positif juga dapat membantu siswa untuk memahami dan menerima konsekuensi dari perilaku mereka.

Melibatkan Orang Tua dalam Mengatasi Perilaku Disruptif

Orang tua memiliki peran penting dalam mengatasi perilaku disruptif siswa. Guru dapat melibatkan orang tua dalam proses pembinaan perilaku siswa. Komunikasi yang baik antara guru dan orang tua dapat membantu dalam mengidentifikasi dan menangani perilaku disruptif siswa. Selain itu, dukungan orang tua juga sangat dibutuhkan dalam proses pembinaan perilaku siswa.

Perilaku disruptif di kelas memang menjadi tantangan bagi guru. Namun, dengan strategi yang tepat, guru dapat mengatasi perilaku ini dan menciptakan suasana belajar yang kondusif. Strategi proaktif, reaktif, pendekatan positif, dan melibatkan orang tua adalah beberapa strategi efektif yang dapat digunakan guru dalam mengatasi perilaku disruptif di kelas. Dengan demikian, proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar dan siswa dapat meraih prestasi yang maksimal.