Membuka Potensi Penuh Siswa melalui UbD: Refleksi Seorang Guru

4
(181 votes)

Sebagai seorang guru, saya telah mengalami banyak metode pengajaran dalam beberapa tahun saya di lapangan. Namun, tidak ada metode yang lebih memikat dan efektif bagi saya daripada Understanding by Design (UbD). Metode ini telah merevolusi cara saya mengajar dan telah membantu saya membuka potensi penuh siswa saya. UbD adalah pendekatan pengajaran yang menekankan pentingnya memahami apa yang ingin Anda capai sebelum Anda merencanakan pelajaran Anda. Ini membutuhkan Anda untuk memecah tujuan Anda menjadi komponen-komponen yang lebih kecil dan mudah dikelola, dan kemudian merencanakan pelajaran Anda untuk memastikan bahwa siswa Anda akan mencapai tujuan tersebut. Metode ini telah sangat membantu saya karena memungkinkan saya untuk fokus pada apa yang benar-benar penting, dan menghindari mengisi waktu siswa saya dengan materi yang tidak relevan. Salah satu aspek kunci dari UbD adalah fokusnya pada pembelajaran siswa. Metode ini mendorong Anda untuk mempertimbangkan apa yang ingin siswa Anda pelajari, dan kemudian merencanakan pelajaran Anda untuk memastikan bahwa mereka akan mencapai tujuan tersebut. Ini telah sangat membantu saya karena memungkinkan saya untuk memahami apa yang benar-benar penting bagi siswa saya, dan menghindari mengisi waktu mereka dengan materi yang tidak relevan. Selain itu, UbD juga mendorong Anda untuk berkolaborasi dengan rekan kerja Anda dan mengambil umpan balik dari siswa Anda. Ini telah sangat membantu saya karena memungkinkan saya untuk terus meningkatkan praktik pengajaran saya dan memastikan bahwa saya memberikan pendidikan berkualitas tinggi kepada siswa saya. Secara keseluruhan, UbD telah menjadi alat yang sangat berguna bagi saya sebagai seorang guru. Ini telah membantu saya membuka potensi penuh siswa saya dan memberikan pendidikan berkualitas tinggi kepada mereka. Saya sangat merekomendasikan metode ini kepada semua guru yang ingin memberikan pendidikan terbaik bagi siswa mereka.