Background of Study for "Examining the Efficacy of AI-Enabled Educational Games in Enhancing Student Academic Skills: An Experimental Research
<br/ > <br/ >Pendahuluan <br/ >Pendidikan adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia. Dalam era digital saat ini, teknologi telah memainkan peran yang signifikan dalam meningkatkan pengalaman belajar siswa. Salah satu teknologi yang sedang berkembang pesat adalah permainan pendidikan berbasis kecerdasan buatan (AI). Permainan pendidikan ini menggunakan algoritma cerdas untuk memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan menarik bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas permainan pendidikan berbasis AI dalam meningkatkan keterampilan akademik siswa. <br/ > <br/ >Latar Belakang <br/ >Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa penggunaan permainan pendidikan dapat meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam belajar. Namun, masih ada kekurangan dalam penelitian yang menguji efektivitas permainan pendidikan berbasis AI dalam meningkatkan keterampilan akademik siswa. Oleh karena itu, penelitian ini akan melengkapi literatur yang ada dengan menguji efektivitas permainan pendidikan berbasis AI dalam meningkatkan keterampilan akademik siswa. <br/ > <br/ >Metode Penelitian <br/ >Penelitian ini akan menggunakan desain penelitian eksperimental. Sampel penelitian akan terdiri dari siswa sekolah menengah yang dipilih secara acak. Siswa akan dibagi menjadi dua kelompok: kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Kelompok kontrol akan menerima pembelajaran konvensional, sementara kelompok perlakuan akan menggunakan permainan pendidikan berbasis AI. Data akan dikumpulkan melalui tes akademik sebelum dan setelah intervensi. Analisis data akan dilakukan untuk membandingkan hasil tes antara kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. <br/ > <br/ >Harapan Hasil <br/ >Diharapkan bahwa penggunaan permainan pendidikan berbasis AI akan meningkatkan keterampilan akademik siswa. Jika penelitian ini berhasil membuktikan efektivitas permainan pendidikan berbasis AI, maka implikasinya akan sangat besar dalam pengembangan pendidikan di masa depan. Permainan pendidikan berbasis AI dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa. <br/ > <br/ >Implikasi Praktis <br/ >Hasil penelitian ini akan memberikan wawasan baru tentang penggunaan permainan pendidikan berbasis AI dalam meningkatkan keterampilan akademik siswa. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pengembangan permainan pendidikan berbasis AI yang lebih efektif dan relevan dengan kurikulum pendidikan. Selain itu, penelitian ini juga dapat memberikan rekomendasi kepada guru dan lembaga pendidikan tentang penggunaan permainan pendidikan berbasis AI dalam proses pembelajaran. <br/ > <br/ >Kesimpulan <br/ >Penelitian ini akan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang efektivitas permainan pendidikan berbasis AI dalam meningkatkan keterampilan akademik siswa. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat memberikan dasar yang kuat untuk pengembangan permainan pendidikan berbasis AI yang lebih efektif dan relevan dengan kebutuhan siswa.