Peran Perempuan dalam Cerita Jaka Tarub: Sebuah Analisis Gender

4
(311 votes)

Perempuan dalam lakon Jaka Tarub hadir bukan sekadar pemanis cerita, melainkan lakon penting yang menggerakkan narasi. Kehadirannya, yang direpresentasikan oleh sosok Dewi Nawangwulan, tak hanya menambah warna pada kisah cinta terlarang, tetapi juga memantik pertanyaan tentang relasi kuasa antara laki-laki dan perempuan dalam bingkai mitologi Jawa.

Cantik, Sakti, Terperangkap: Citra Perempuan dalam Perspektif Patriarki

Sosok Nawangwulan dalam lakon Jaka Tarub digambarkan cantik jelita, bahkan memesona Jaka Tarub hanya dengan selendangnya. Kecantikan ini, sayangnya, menjadi awal petaka sekaligus menegaskan konstruksi perempuan dalam kacamata patriarki: objek yang mudah tergoda dan direbut. Kehilangan selendang, yang melambangkan kekuatan dan identitasnya, menjadikan Nawangwulan rentan dan tak berdaya. Ia terpaksa menuruti keinginan Jaka Tarub, sebuah simbolisasi dari relasi kuasa yang timpang.

Ketaatan dan Pengorbanan: Standar Ganda Moralitas

Nawangwulan, meski "terpaksa" menikah dengan Jaka Tarub, menunjukkan kesetiaan dan dedikasi sebagai istri. Ia patuh, mengurus rumah tangga, bahkan menggunakan kesaktiannya demi menyenangkan suami. Ironisnya, Jaka Tarub justru melanggar kesepakatan yang menjadi satu-satunya syarat Nawangwulan. Tindakan Jaka Tarub membuka tabir standar ganda moralitas. Perempuan dituntut patuh dan setia, sementara laki-laki diberi ruang untuk melanggar dan mengkhianati.

Kehilangan dan Pembebasan: Refleksi atas Ketidakadilan Gender

Kembalinya Nawangwulan ke kahyangan setelah Jaka Tarub melanggar janji bisa dibaca dalam dua perspektif. Pertama, sebagai hukuman bagi Jaka Tarub atas pengkhianatannya. Kedua, dan yang lebih penting, sebagai bentuk pembebasan Nawangwulan dari belenggu kehidupan domestik yang mengekang. Kepergiannya menjadi simbol perlawanan terhadap ketidakadilan gender yang membatasi ruang gerak perempuan.

Peran perempuan dalam lakon Jaka Tarub, meski terkesan pasif, menyimpan kompleksitas makna. Ia adalah cerminan dari konstruksi sosial budaya yang menempatkan perempuan dalam posisi subordinat. Namun, di balik itu, tersirat kritik dan perlawanan terhadap ketidakadilan gender. Kisah Nawangwulan menjadi pengingat bahwa perempuan bukanlah objek pasif, melainkan subjek yang memiliki hak dan kekuatan untuk menentukan jalan hidupnya sendiri.