Membentuk Tujuan Pembelajaran yang Efektif dari Kompetensi Profesional
Dalam dunia pendidikan, guru memainkan peran penting dalam membantu peserta didik mengembangkan kompetensi profesional mereka. Setelah memahami substansi kompetensi profesional, guru diharapkan mulai mendapatkan ide-ide tentang apa yang harus dipelajari oleh peserta didik dalam suatu fase untuk dirumuskan menjadi Tujuan Pembelajaran (TP) yang lebih operasional dan konkret. Dalam merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP), guru dapat memilih beberapa alternatif teknik berikut, kecuali: 1. Merumuskan TP secara langsung berdasarkan CP. 2. Merumuskan TP dengan menganalisis 'kompetensi' dan 'lingkup materi' pada CP. 3. Merumuskan TP secara lintas elemen. Teknik-teknik ini dapat membantu guru merumuskan TP yang efektif yang akan membantu peserta didik mengembangkan kompetensi profesional mereka. Dengan menggunakan teknik-teknik ini, guru dapat memastikan bahwa peserta didik memahami apa yang mereka perlu pelajari dan bagaimana mereka dapat mencapai tujuan tersebut. Dengan demikian, guru dapat membantu peserta didik mengembangkan kompetensi profesional mereka dan menjadi profesional yang sukses di bidang mereka.