Menanggapi Permintaan dengan Sopan dan Efektif
Percakapan di atas menunjukkan permintaan sederhana, "Tutup pintunya, tolong." Jawaban yang paling tepat dan menunjukkan kesepakatan adalah A. "Tentu, saya akan melakukannya." Pilihan ini menunjukkan kesopanan dan kepatuhan terhadap permintaan. Pilihan B ("Ouch") tidak relevan dengan permintaan. Pilihan C ("Maaf, saya tidak akan melakukan itu") menunjukkan penolakan yang tidak sopan. Pilihan D ("Saya punya banyak pekerjaan yang harus dilakukan") meskipun mungkin benar, tidak memberikan respon langsung terhadap permintaan dan kurang sopan. Dalam interaksi sosial, merespon permintaan dengan sopan dan langsung menunjukkan rasa hormat dan kerjasama yang baik. Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dan sopan sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, baik di rumah, sekolah, maupun lingkungan kerja. Menunjukkan kesediaan untuk membantu orang lain, seperti dalam contoh ini, membangun hubungan yang positif dan harmonis. Sikap positif dan responsif seperti ini akan membantu kita membangun relasi yang baik dengan orang di sekitar kita.