Hubungan Pancasila dan HAM dalam Konstitusi Indonesia: Sebuah Tinjauan Yuridis

4
(290 votes)

Pancasila dan HAM: Sebuah Pengantar

Pancasila, sebagai dasar negara Indonesia, dan Hak Asasi Manusia (HAM), sebagai prinsip universal, memiliki hubungan yang erat dalam konstitusi Indonesia. Pancasila, yang berarti "lima prinsip", adalah ideologi yang menjadi dasar bagi negara dan pemerintahan Indonesia. Sementara itu, HAM adalah hak dasar yang melekat pada setiap individu, tanpa memandang ras, agama, jenis kelamin, atau status sosial ekonomi.

Pancasila sebagai Dasar Filsafat HAM di Indonesia

Pancasila, yang terdiri dari lima sila, mencakup prinsip-prinsip yang menjadi dasar bagi pengakuan dan perlindungan HAM di Indonesia. Sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa, menegaskan kebebasan beragama dan berkeyakinan. Sila kedua, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, mencerminkan prinsip universalitas, kesetaraan, dan non-diskriminasi dalam HAM. Sila ketiga, Persatuan Indonesia, menegaskan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam menjaga keutuhan negara dan perlindungan HAM. Sila keempat, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, mencerminkan prinsip demokrasi dan partisipasi dalam HAM. Sila kelima, Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia, menegaskan komitmen negara terhadap keadilan sosial dan ekonomi.

HAM dalam Konstitusi Indonesia

Konstitusi Indonesia, khususnya UUD 1945, memberikan pengakuan dan perlindungan yang kuat terhadap HAM. Pasal 28 sampai 28J UUD 1945 secara eksplisit menyebutkan berbagai hak asasi manusia, mulai dari hak atas kehidupan, hak atas kebebasan, hak atas keadilan, hak atas kesejahteraan, hingga hak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat. Konstitusi juga menegaskan bahwa negara memiliki kewajiban untuk menghormati, melindungi, memenuhi, dan memajukan HAM.

Hubungan Pancasila dan HAM dalam Konstitusi

Pancasila dan HAM memiliki hubungan yang erat dalam konstitusi Indonesia. Pancasila, sebagai dasar negara, menjadi dasar filosofis dan ideologis bagi pengakuan dan perlindungan HAM dalam konstitusi. Sementara itu, HAM, sebagai prinsip universal, menjadi norma hukum yang harus dihormati dan dilindungi oleh negara. Dengan demikian, Pancasila dan HAM saling melengkapi dan saling memperkuat dalam konstitusi Indonesia.

Pancasila dan HAM: Sebuah Tinjauan Yuridis

Dari perspektif yuridis, Pancasila dan HAM memiliki kedudukan yang sama dalam hirarki hukum Indonesia. Pancasila, sebagai dasar negara, menjadi sumber dari segala sumber hukum, termasuk hukum HAM. Sementara itu, HAM, sebagai norma hukum, memiliki kedudukan yang dijamin dan dilindungi oleh konstitusi. Oleh karena itu, pelanggaran terhadap HAM juga merupakan pelanggaran terhadap Pancasila dan sebaliknya.

Dalam konteks Indonesia, Pancasila dan HAM memiliki hubungan yang erat dan saling melengkapi. Pancasila, sebagai dasar negara, menjadi dasar filosofis dan ideologis bagi pengakuan dan perlindungan HAM. Sementara itu, HAM, sebagai prinsip universal, menjadi norma hukum yang harus dihormati dan dilindungi oleh negara. Dengan demikian, Pancasila dan HAM saling melengkapi dan saling memperkuat dalam konstitusi Indonesia.