Meningkatkan Keterampilan Intelektual dalam Pembelajaran Sains

4
(201 votes)

Sains atau Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan ilmu yang berupa keterampilan siswa yang disesuaikan dengan situasi masa sekarang dan masa yang akan datang. Selain keterampilan laboratoris atau motoris, jenis keterampilan lain yang juga penting diperoleh siswa dari belajar Sains adalah keterampilan intelektual dalam menggunakan nalar. Untuk mencapai keterampilan tersebut, guru harus menyajikan pembelajaran Sains yang memberikan kemampuan-kemampuan tertentu yang dapat dialih gunakan. Kemampuan itu antara lain berupa: 1. Kemampuan mengajukan pertanyaan dan mencari jawaban terhadap pertanyaan yang diajukan. 2. Kemampuan mengajukan gagasan berdasarkan pengalaman dan penalaran terhadap kejadian di sekitarnya. 3. Kemampuan berpikir berdasarkan nalar serta tanggung jawab terhadap keteraturan sistem di alam. Pada masa kanak-kanak, kita mengetahui bahwa berpikir utuh menyeluruh terlebih pada usia kanak-kanak. Pada masa ini, kanak-kanak belum dapat secara efektif berpikir parsial, spesifik, dan terkotak-kotak. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendorong siswa untuk mengembangkan keterampilan intelektual mereka. Dalam pembelajaran Sains, guru dapat menggunakan metode yang melibatkan siswa secara aktif, seperti eksperimen, observasi, dan diskusi kelompok. Dengan melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, mereka akan diajak untuk berpikir kritis, mengajukan pertanyaan, dan mencari jawaban sendiri. Hal ini akan membantu mereka mengembangkan keterampilan intelektual dalam menggunakan nalar. Selain itu, guru juga dapat memberikan tugas-tugas yang melibatkan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan. Dengan memberikan tugas-tugas ini, siswa akan diajak untuk berpikir secara kreatif dan logis, serta mengembangkan kemampuan mereka dalam mengajukan gagasan berdasarkan pengalaman dan penalaran. Dalam pembelajaran Sains, penting juga bagi guru untuk memberikan tanggung jawab kepada siswa terhadap keteraturan sistem di alam. Guru dapat mengajak siswa untuk merawat tanaman di sekolah atau mengamati lingkungan sekitar mereka. Dengan memberikan tanggung jawab ini, siswa akan belajar untuk bertindak berdasarkan nalar dan menghargai keberadaan sistem di alam. Dalam kesimpulan, pembelajaran Sains dapat membantu meningkatkan keterampilan intelektual siswa dalam menggunakan nalar. Guru perlu menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendorong siswa untuk mengembangkan keterampilan ini melalui metode yang melibatkan siswa secara aktif dan memberikan tanggung jawab kepada siswa terhadap keteraturan sistem di alam. Dengan demikian, siswa akan siap menghadapi tantangan masa depan dan menjadi individu yang kritis, kreatif, dan bertanggung jawab.