Tingkat Penggunaan Code-Switching oleh Siswa dalam Pembelajaran Bahas

4
(251 votes)

Pendahuluan: Penggunaan code-switching oleh siswa dalam pembelajaran bahasa telah menjadi topik yang menarik perhatian para peneliti. Data triangulasi menunjukkan bahwa penggunaan code-switching oleh siswa cukup tinggi, bahkan lebih tinggi dari yang diharapkan. Bagian: ① Tingkat Inisiasi: Penggunaan code-switching yang diinisiasi oleh siswa cukup tinggi, menunjukkan kecenderungan siswa untuk beralih bahasa dalam pembelajaran. ② Tingkat Kalimat: Penggunaan code-switching antar kalimat (intersentential) lebih banyak terjadi daripada penggunaan code-switching dalam kalimat (intra-sentential). ③ Fungsi Wacana: Analisis fungsi wacana menunjukkan bahwa baik siswa maupun guru menggunakan code-switching terutama untuk meta-bahasa, yaitu fungsi yang digunakan untuk membicarakan tata bahasa atau tugas bahasa. Kesimpulan: Penggunaan code-switching oleh siswa dalam pembelajaran bahasa memiliki tingkat yang cukup tinggi, terutama dalam inisiasi dan penggunaan antar kalimat. Fungsi wacana yang dominan adalah meta-bahasa. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami dampak penggunaan code-switching ini terhadap pembelajaran bahasa siswa.