Pentingnya Penggunaan Metode Multisensori dalam Mengatasi Permasalahan Disleksia Matematika pada Siswa Berkebutuhan Khusus

4
(341 votes)

Latar Belakang Hak inklusi secara universal adalah hak setiap individu untuk mendapatkan pendidikan yang setara tanpa diskriminasi. Di Indonesia, hak inklusi telah diakui dan diatur dalam berbagai kebijakan pendidikan. Namun, masih terdapat permasalahan dalam implementasi hak inklusi, terutama dalam hal pendidikan matematika bagi siswa berkebutuhan khusus. Permasalahan Disleksia Matematika Salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh siswa berkebutuhan khusus adalah disleksia matematika. Disleksia matematika adalah gangguan pembelajaran yang mempengaruhi kemampuan seseorang dalam memahami dan menggunakan konsep matematika. Siswa dengan disleksia matematika sering mengalami kesulitan dalam membaca, menulis, dan memahami simbol-simbol matematika. Faktor Kurangnya Penggunaan Multisensory Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya permasalahan disleksia matematika adalah kurangnya penggunaan metode multisensori dalam pembelajaran matematika. Metode multisensori adalah pendekatan pembelajaran yang menggabungkan penggunaan berbagai indera, seperti penglihatan, pendengaran, perabaan, dan gerakan. Metode ini membantu siswa dengan disleksia matematika untuk memahami konsep matematika dengan lebih baik. Keberhasilan Metode Multisensori dalam Mengatasi Disleksia Matematika Penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan metode multisensori dalam pembelajaran matematika dapat membantu siswa dengan disleksia matematika untuk mengatasi kesulitan mereka. Metode ini memungkinkan siswa untuk belajar melalui pengalaman langsung, seperti menggunakan manipulatif matematika, visualisasi, dan permainan interaktif. Dengan menggunakan metode ini, siswa dapat membangun pemahaman yang lebih baik terhadap konsep matematika dan meningkatkan kemampuan mereka dalam memecahkan masalah matematika. Kesimpulan Penggunaan metode multisensori dalam mengatasi permasalahan disleksia matematika pada siswa berkebutuhan khusus sangat penting. Metode ini dapat membantu siswa untuk memahami konsep matematika dengan lebih baik dan meningkatkan kemampuan mereka dalam memecahkan masalah matematika. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk meningkatkan penggunaan metode multisensori dalam pembelajaran matematika bagi siswa berkebutuhan khusus di Indonesia.