Cognitive Load Theory dan Model Direct Instruction dalam Google Classroom

4
(248 votes)

Pendahuluan: Cognitive Load Theory (Teori Beban Kognitif) adalah teori yang mempelajari bagaimana otak manusia memproses informasi. Model Direct Instruction adalah pendekatan pengajaran yang fokus pada instruksi langsung kepada siswa. Dalam artikel ini, kita akan melihat bagaimana penerapan Cognitive Load Theory dengan menggunakan model Direct Instruction dalam platform Google Classroom dapat meningkatkan pembelajaran siswa. Pengenalan Cognitive Load Theory: Cognitive Load Theory adalah teori yang mengkaji bagaimana beban kognitif mempengaruhi pembelajaran siswa. Beban kognitif terdiri dari beban intrinsik, beban ekstrinsik, dan beban germane. Beban intrinsik adalah kompleksitas materi yang dipelajari, beban ekstrinsik adalah faktor-faktor di luar materi yang mempengaruhi pembelajaran, dan beban germane adalah beban yang terkait dengan pemahaman dan pengorganisasian informasi. Dengan memahami beban kognitif siswa, guru dapat merancang pengajaran yang sesuai dengan kemampuan siswa untuk mengoptimalkan pembelajaran. Pengenalan Model Direct Instruction: Model Direct Instruction adalah pendekatan pengajaran yang fokus pada instruksi langsung kepada siswa. Guru memberikan instruksi yang jelas dan terstruktur, mengajarkan langkah-langkah yang spesifik, memberikan umpan balik langsung, dan memastikan pemahaman siswa sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya. Dengan menggunakan model ini, siswa dapat lebih terlibat dalam pembelajaran dan memperoleh pemahaman yang lebih baik. Penerapan Cognitive Load Theory dengan Model Direct Instruction dalam Google Classroom: Dalam Google Classroom, penerapan Cognitive Load Theory dengan menggunakan model Direct Instruction dapat meningkatkan pembelajaran siswa. Guru dapat menggunakan fitur-fitur Google Classroom, seperti pengumuman, tugas, dan diskusi, untuk memberikan instruksi langsung kepada siswa. Dengan memberikan instruksi yang jelas dan terstruktur, guru dapat membantu siswa mengelola beban kognitif mereka. Selain itu, guru juga dapat menggunakan fitur-fitur kolaboratif dalam Google Classroom untuk memfasilitasi interaksi antara siswa dan mempromosikan pemahaman yang lebih dalam. Kesimpulan: Dalam artikel ini, kita telah melihat bagaimana penerapan Cognitive Load Theory dengan menggunakan model Direct Instruction dalam Google Classroom dapat meningkatkan pembelajaran siswa. Dengan memahami beban kognitif siswa dan menggunakan pendekatan pengajaran yang langsung, guru dapat membantu siswa mempelajari materi dengan lebih efektif di platform Google Classroom. Dengan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia dalam Google Classroom, guru dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang interaktif dan mendukung pemahaman siswa.