Aktivitas Kelompok untuk Memahami Kesebangunan Segitig
<br/ > <br/ >Aktivitas kelompok merupakan salah satu cara efektif untuk membantu siswa memahami konsep kesebangunan segitiga. Dalam kegiatan ini, siswa akan bekerja sama dengan teman sebangku untuk menggambar dua segitiga yang sebangun, kemudian saling menukarkan gambar dan menganalisis kesebangunan pada segitiga tersebut. <br/ > <br/ >Langkah pertama, masing-masing siswa menggambar dua segitiga yang sebangun. Siswa diminta untuk mengukur panjang sisi dan besar sudut pada setiap segitiga, lalu menganalisis apakah kedua segitiga tersebut sebangun. Setelah itu, siswa akan saling menukarkan gambar dengan teman sebangku dan melakukan analisis yang sama. <br/ > <br/ >Kegiatan ini tidak hanya membantu siswa memahami konsep kesebangunan, tetapi juga melatih kemampuan kerja sama dan komunikasi. Siswa dapat saling bertukar ide dan pemahaman, sehingga dapat memperkaya wawasan mereka. <br/ > <br/ >Selain itu, aktivitas kelompok juga dapat digunakan untuk mengasah kemampuan berpikir kritis siswa melalui soal-soal HOTS (Higher Order Thinking Skills). Salah satu contoh soal HOTS yang dapat diberikan adalah mengenai pengukuran tinggi tiang menggunakan prinsip kesebangunan. <br/ > <br/ >Dalam soal tersebut, siswa diminta untuk menghitung tinggi tiang berdasarkan panjang bayangan tiang dan tongkat. Untuk menyelesaikan soal ini, siswa harus memahami konsep kesebangunan dan dapat menerapkannya dalam situasi nyata. Kegiatan ini tidak hanya melatih kemampuan matematis, tetapi juga meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah. <br/ > <br/ >Melalui aktivitas kelompok, siswa tidak hanya belajar konsep matematika, tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial dan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Hal ini sejalan dengan tujuan pembelajaran yang tidak hanya menekankan pada penguasaan materi, tetapi juga pada pengembangan kompetensi abad 21 yang dibutuhkan siswa di masa depan.