Upaya Meningkatkan Kreativitas Belajar IPA di Kelas V SD NEGERI 98/VI BANGKO VI** **
Pendahuluan: Pendidikan karakter dan keterampilan abad ke-21 menjadi fokus utama dalam kurikulum Indonesia. Salah satu aspek penting adalah penguatan kreativitas dan pemahaman konsep-konsep sains, khususnya konsep gelombang cahaya. Artikel ini bertujuan untuk mendemonstrasikan bagaimana metode pembelajaran yang inovatif dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas V SD NEGERI 98/VI BANGKO VI. Bagian Pertama: Pendekatan Pembelajaran Berbasis Proyek (PBL) telah terbukti efektif dalam meningkatkan kreativitas siswa. Dalam konteks pembelajaran IPA, PBL memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi dan memahami konsep gelombang cahaya secara mendalam melalui kegiatan praktis dan penelitian. Bagian Kedua: Metode pembelajaran yang digunakan meliputi diskusi kelompok, eksperimen langsung, dan penggunaan teknologi pendidikan. Dengan pendekatan ini, siswa tidak hanya belajar teori, tetapi juga menerapkan konsep dalam situasi nyata, sehingga memperkuat pemahaman dan keterlibatan mereka dalam proses belajar. Bagian Ketiga: Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan metode PBL memiliki peningkatan pemahaman konsep gelombang cahaya yang signifikan dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Selain itu, siswa juga menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif. Bagian Keempat: Kesimpulannya, penerapan metode pembelajaran berbasis proyek dalam mengajarkan konsep gelombang cahaya di kelas V SD NEGERI 98/VI BANGKO VI memberikan dampak positif terhadap kreativitas dan pemahaman siswa. Pendekatan ini seharusnya dijadikan bagian dari kurikulum IPA untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih efektif dan berkelanjutan. Kesimpulan:** Dengan menerapkan metode pembelajaran berbasis proyek, diharapkan kreativitas dan pemahaman siswa terhadap konsep gelombang cahaya dapat terus ditingkatkan. Hal ini tidak hanya bermanfaat bagi perkembangan akademis, tetapi juga membekali siswa dengan keterampilan yang diperlukan di masa depan.