Strategi Inovatif Bu Susi dalam Mengajarkan Berhitung di TK Aisyiah

4
(364 votes)

1. Identifikasi Masalah Bu Susi, seorang guru TK Aisyiah di Surabaya, menghadapi tantangan yang signifikan dalam mengajarkan anak-anak berhitung. Fakta menunjukkan bahwa banyak anak yang tidak bisa berhitung, dan hampir sebagian besar anak belum dapat mengenal angka, apalagi berhitung. Hal ini menunjukkan adanya kesenjangan dalam pemahaman konsep dasar matematika di kalangan siswa. 2. Solusi yang Diambil oleh Bu Susi Untuk mengatasi masalah ini, Bu Susi mengadopsi pendekatan inovatif dalam mengajarkan berhitung. Bu Susi menggunakan alat bantu berupa manipulatif, seperti kubus dan bilangan, untuk membantu anak-anak memahami konsep berhitung secara visual dan praktis. Selain itu, Bu Susi juga mengintegrasikan berhitung ke dalam kegiatan sehari-hari, seperti menghitung jumlah buah-buahan di meja makan atau menghitung jumlah mainan di kelas. Dengan demikian, anak-anak dapat melihat berhitung sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari mereka, sehingga mereka lebih tertarik dan mudah memahaminya. 3. Alasan Menggunakan Solusi tersebut Pendekatan inovatif yang diambil oleh Bu Susi sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep berhitung. Dengan menggunakan manipulatif, siswa dapat melihat dan meraba konsep berhitung secara langsung, sehingga pemahaman mereka menjadi lebih baik. Selain itu, dengan mengintegrasikan berhitung ke dalam kegiatan sehari-hari, siswa dapat melihat berhitung sebagai sesuatu yang relevan dan bermanfaat dalam kehidupan mereka, sehingga mereka lebih tertarik untuk belajar dan memahami konsep berhitung. 4. RPP Perbaikan Berdasarkan Metode yang Baru Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang baru dapat disusun oleh Bu Susi dengan memperhatikan metode inovatif yang telah diterapkan. RPP tersebut dapat mencakup penggunaan manipulatif sebagai alat bantu, pengintegrasian berhitung ke dalam kegiatan sehari-hari, serta penilaian terhadap pemahaman siswa melalui kuis dan latihan yang relevan. 5. Alat Evaluasi untuk Mengukur Keberhasilan Siswa Untuk mengukur keberhasilan siswa dalam memahami konsep berhitung, Bu Susi dapat menggunakan berbagai alat evaluasi. Alat evaluasi yang dapat digunakan meliputi kuis dan latihan berhitung, penilaian kinerja siswa dalam kegiatan sehari-hari, serta tes formatif dan sumatif yang melibatkan berbagai jenis soal, seperti soal pilihan ganda, isian, dan uraian. Dengan pendekatan inovatif dan alat evaluasi yang tepat, Bu Susi dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep berhitung dan membantu mereka mengembangkan keterampilan matematika yang diperlukan untuk kehidupan sehari-hari.