Observasi Efektivitas Penerapan Model PBL dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD pada Mata Pelajaran Photoshop

4
(200 votes)

Dalam artikel ini, akan dibahas tentang pengumpulan data jenis observasi yang dilakukan pada 3 kelas untuk mengevaluasi efektivitas penerapan model PBL (Problem-Based Learning) dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD pada mata pelajaran Photoshop. Observasi ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana model PBL dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa. Pada tahap pengumpulan data, observasi dilakukan dengan mengamati proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa dalam menerapkan model PBL. Observasi dilakukan secara langsung di kelas-kelas yang telah menerapkan model PBL dalam pembelajaran Photoshop. Data yang dikumpulkan meliputi interaksi antara guru dan siswa, partisipasi siswa dalam diskusi kelompok, pemecahan masalah, dan hasil belajar siswa. Hasil observasi ini akan dianalisis untuk mengevaluasi efektivitas penerapan model PBL dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Analisis akan melibatkan perbandingan antara hasil belajar siswa sebelum dan setelah penerapan model PBL, serta perbandingan antara hasil belajar siswa yang menerapkan model PBL dengan siswa yang tidak menerapkan model PBL. Diharapkan hasil dari observasi ini dapat memberikan wawasan yang berharga tentang efektivitas penerapan model PBL dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Photoshop di tingkat SD. Hasil ini dapat menjadi acuan bagi guru dan sekolah dalam memilih metode pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa.