Metode Penelitian Kualitatif dalam Mempelajari Pengaruh Media Kantong Nilai Bilangan terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD

4
(172 votes)

Pendahuluan: Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh penggunaan media kantong nilai bilangan terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD. Metode penelitian kualitatif digunakan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang pengalaman siswa dalam menggunakan media ini. Pengertian Media Kantong Nilai Bilangan: Media kantong nilai bilangan adalah alat pembelajaran yang dirancang untuk membantu siswa memahami konsep bilangan dengan cara yang interaktif dan menyenangkan. Media ini terdiri dari kantong-kantong kecil yang berisi kartu bilangan, dan siswa diminta untuk mengeluarkan kartu-kartu tersebut dan melakukan operasi matematika yang sesuai. Penggunaan media kantong nilai bilangan dapat membantu siswa memvisualisasikan konsep bilangan dan meningkatkan pemahaman mereka dalam matematika. Selain itu, media ini juga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa karena memberikan pengalaman belajar yang berbeda dan menarik. Metode Penelitian Kualitatif: Dalam penelitian ini, metode penelitian kualitatif digunakan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang pengalaman siswa dalam menggunakan media kantong nilai bilangan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif, wawancara, dan analisis dokumen. Observasi partisipatif dilakukan dengan mengamati siswa saat menggunakan media ini dalam pembelajaran matematika. Wawancara dilakukan dengan siswa untuk mendapatkan pandangan mereka tentang penggunaan media ini. Analisis dokumen dilakukan dengan mengumpulkan hasil tes siswa sebelum dan setelah menggunakan media kantong nilai bilangan. Hasil penelitian ini kemudian dianalisis dan diinterpretasikan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang pengaruh media ini terhadap prestasi belajar siswa. Pengaruh Media Kantong Nilai Bilangan terhadap Prestasi Belajar: Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kantong nilai bilangan memiliki pengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD. Siswa yang menggunakan media ini menunjukkan peningkatan dalam pemahaman konsep bilangan dan kemampuan dalam melakukan operasi matematika. Mereka juga menunjukkan motivasi belajar yang lebih tinggi dan kepercayaan diri yang lebih besar dalam menghadapi tugas matematika. Faktor-faktor yang mempengaruhi pengaruh media ini antara lain kualitas pengajaran guru, dukungan orang tua, dan motivasi siswa dalam menggunakan media ini. Kesimpulan: Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media kantong nilai bilangan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SD. Metode penelitian kualitatif memberikan pemahaman yang mendalam tentang pengalaman siswa dalam menggunakan media ini. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan metode pembelajaran matematika yang efektif. Dengan menggunakan media kantong nilai bilangan, siswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang konsep bilangan dan meningkatkan prestasi belajar mereka dalam matematika.