Landasan Antropologis, Kemanusiaan, Politis, Psikologis, dan Religius dalam Pendidikan IPS

4
(235 votes)

Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah disiplin ilmu pendidikan yang didasarkan pada beberapa landasan yang penting. Landasan ini memberikan kerangka dasar dalam menetapkan pola, sistem, dan struktur disiplin ilmu pendidikan agar sesuai dengan pola, sistem, dan struktur budaya serta perilaku manusia yang kompleks. Selain itu, landasan ini juga memberikan landasan sosial-kultural bagi struktur Pendidikan IPS sebagai disiplin ilmu pendidikan dalam proses perubahan sosial yang konstruktif. Landasan kemanusiaan juga merupakan aspek penting dalam pendidikan IPS. Landasan ini merujuk pada prinsip-prinsip yang menentukan karakteristik ideal manusia sebagai tujuan utama pendidikan. Pendidikan pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan martabat manusia, dan landasan kemanusiaan memberikan panduan dalam mencapai tujuan tersebut. Selanjutnya, landasan politis juga memiliki peran penting dalam pendidikan IPS. Landasan politis memberikan kerangka gagasan dasar yang menentukan arah dan kebijakan politik dalam pendidikan dari PIPS. Peran pemerintah sangat besar dalam hal ini sehingga pendidikan tidak bisa dipisahkan dari pengaruh unsur birokrasi. Landasan psikologis juga menjadi landasan penting dalam Pendidikan IPS. Landasan ini memberikan landasan bagi PIPS untuk membangun struktur disiplin pengetahuan baik secara personal maupun komunal berdasarkan aspek-aspek psikologis individu. Prinsip ini mengakui bahwa struktur pengetahuan harus sesuai dengan kapasitas psikologis dan pengalaman individu. Terakhir, landasan religius juga memiliki peran penting dalam sistem pendidikan, khususnya di Indonesia. Landasan religius menyediakan kerangka gagasan dasar tentang nilai, norma, etika, dan moral yang menjadi landasan bagi sistem pendidikan. Landasan ini menolak segala bentuk relativisme dan mengakui pentingnya agama sebagai landasan berpikir, serta menekankan keseimbangan antara pengetahuan yang bersumber dari pengalaman internal dan eksternal. Dalam kesimpulan, landasan antropologis, kemanusiaan, politis, psikologis, dan religius merupakan landasan yang penting dalam pendidikan IPS. Landasan ini memberikan kerangka dasar dalam menetapkan pola, sistem, dan struktur disiplin ilmu pendidikan agar sesuai dengan pola, sistem, dan struktur budaya serta perilaku manusia yang kompleks. Selain itu, landasan ini juga memberikan landasan sosial-kultural bagi struktur Pendidikan IPS sebagai disiplin ilmu pendidikan dalam proses perubahan sosial yang konstruktif.