Konsep Pendidikan Humanistis dalam Pemikiran Abdullah Suriosubroto

4
(263 votes)

Mengenal Abdullah Suriosubroto dan Pendidikan Humanistis

Abdullah Suriosubroto adalah seorang tokoh pendidikan Indonesia yang terkenal dengan pemikirannya tentang pendidikan humanistis. Pendidikan humanistis adalah pendekatan pendidikan yang menekankan pada pengembangan potensi individu secara utuh dan harmonis. Pendekatan ini berfokus pada pengembangan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa.

Pemikiran Abdullah Suriosubroto tentang Pendidikan Humanistis

Abdullah Suriosubroto berpendapat bahwa pendidikan harus berpusat pada manusia, bukan pada kurikulum atau sistem. Menurutnya, pendidikan humanistis adalah pendidikan yang memandang siswa sebagai individu yang unik dan memiliki potensi yang dapat dikembangkan. Pendidikan ini menekankan pada penghargaan terhadap keunikan individu dan pengembangan potensi mereka secara maksimal.

Prinsip-Prinsip Pendidikan Humanistis dalam Pemikiran Abdullah Suriosubroto

Ada beberapa prinsip penting dalam pendidikan humanistis menurut Abdullah Suriosubroto. Pertama, pendidikan harus berpusat pada siswa. Kedua, pendidikan harus menghargai keunikan dan potensi setiap individu. Ketiga, pendidikan harus memfasilitasi pengembangan potensi siswa secara maksimal. Keempat, pendidikan harus menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk pertumbuhan dan perkembangan siswa.

Implementasi Pendidikan Humanistis dalam Pemikiran Abdullah Suriosubroto

Dalam pemikirannya, Abdullah Suriosubroto menekankan pentingnya implementasi pendidikan humanistis dalam praktek pendidikan. Menurutnya, pendidikan humanistis dapat diimplementasikan melalui beberapa cara, seperti pembelajaran yang berpusat pada siswa, penilaian yang berorientasi pada proses dan bukan hasil, serta pembelajaran yang menghargai dan mengembangkan potensi setiap siswa.

Manfaat Pendidikan Humanistis dalam Pemikiran Abdullah Suriosubroto

Menurut Abdullah Suriosubroto, pendidikan humanistis memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah membantu siswa mengembangkan potensi mereka secara maksimal. Selain itu, pendidikan humanistis juga dapat membantu siswa menjadi individu yang mandiri, kreatif, dan memiliki rasa empati yang tinggi. Pendidikan ini juga dapat membantu siswa menjadi individu yang mampu berpikir kritis dan memiliki sikap positif terhadap diri sendiri dan orang lain.

Kesimpulan

Pemikiran Abdullah Suriosubroto tentang pendidikan humanistis memberikan kontribusi yang signifikan dalam dunia pendidikan di Indonesia. Melalui pendidikan humanistis, Suriosubroto berharap bahwa setiap siswa dapat mengembangkan potensi mereka secara maksimal dan menjadi individu yang mandiri, kreatif, dan memiliki rasa empati yang tinggi. Meski demikian, implementasi pendidikan humanistis dalam praktek pendidikan masih memerlukan dukungan dan komitmen dari semua pihak, termasuk guru, orang tua, dan pemerintah.