Strategi Bisnis di Masa Depan dan Perencanaan SDM

4
(214 votes)

Pendahuluan: Strategi bisnis di masa yang akan datang dipengaruhi oleh perubahan kondisi lingkungan stratejik. Manajer perlu mengembangkan program-program yang mampu menerjemahkan isu-isu aktual dalam perubahan untuk mendukung rencana bisnis masa depan. Keselarasan antara perencanaan bisnis dan perencanaan SDM dapat membangun kekuatan tarik keunggulan bisnis. Bagian: ① Faktor Eksternal yang Mempengaruhi Perencanaan Bisnis dan Perencanaan SDM: Globalisasi teknologi, pertumbuhan ekonomi, dan perubahan komposisi angkatan kerja mempengaruhi tatanan bisnis dan perencanaan SDM. Perubahan karakteristik angkatan kerja yang ditandai oleh berkurangnya tingkat pertumbuhan tenaga kerja, semakin meningkatnya masa golongan tua, dan peningkatan diversitas tenaga kerja membuktikan perlunya perencanaan SDM. ② Proyeksi Demografis terhadap Angkatan Kerja di Masa Depan: Proyeksi demografis terhadap angkatan kerja di masa depan akan membawa dampak bagi pengelolaan SDM yang efektif. Pemenuhan kebutuhan SDM perusahaan di masa depan ditentukan oleh kondisi faktor lingkungan dan ketidakpastian serta tren organisasi dewasa ini. ③ Perencanaan SDM sebagai Bagian dari Manajemen Strategis: Perencanaan SDM merupakan bagian dari alur proses manajemen dalam menentukan pergerakan SDM perusahaan dari posisi saat ini menuju posisi yang diinginkan di masa depan. Keberhasilan perencanaan SDM ditentukan oleh ketepatan pemilihan strategi dalam merancang pemberdayaan SDM perusahaan dan memprediksi kebutuhan di masa depan sesuai dengan dinamika pertumbuhan dan perkembangan bisnis perusahaan. Kesimpulan: Perencanaan SDM bukan hanya berkaitan dengan fungsi staffing, tetapi juga mencakup berbagai operasi fungsi dalam penerapan manajemen strategis perusahaan. Implementasi manajemen SDM yang diselaraskan dengan pemenuhan kebutuhan SDM di masa depan menjadi kunci keberhasilan perencanaan SDM.