Memahami Understanding by Design: Langkah-langkah untuk Membelajar

4
(191 votes)

Pendekatan Understanding by Design (UbD) adalah pendekatan pengajaran yang menekankan pentingnya memahami apa yang akan dipari siswa sebelum mengajar. Ini adalah pendekatan yang berbeda dari pendekaran tradisional, di mana guru merencanakan pelajaran berdasarkan apa yang mereka tahu siswa sudah tahu, bukan apa yang mereka butuhkan untuk tahu. Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan langkah-langkah yang saya ikuti untuk memahami UbD dan bagaimana itu telah membantu saya sebagai guru. Langkah 1: Mencari Informasi Langkah pertama yang saya lakukan adalah mencari informasi tentang UbD. Saya mulai dengan membaca buku "Understanding by Design" karya Wiggins dan McTighe, yang merupakan sa utama untuk pendekaran ini. Saya juga menonton video dan menghadiri seminar tentang UbD untuk memahami lebih lanjut tentang pendekaran ini. Langkah 2: Menganalisis Praktik Saya Sendiri Setelah saya memahami dasar-dasar UbD, saya mulai menganalisis praktik saya sendiri. Saya mulai dengan meninjau kurikulum dan merencanakan pelajaran saya untuk memastikan bahwa mereka sejalan dengan tujuan yang saya tetapkan untuk siswa. Saya juga mulai mengamati siswa saya untuk memahami apa yang mereka tahu dan apa yang mereka butuhkan untuk tahu. Langkah 3: Membuat Rencana Pelajaran Setelah saya memahami lebih lanjut tentang UbD, saya mulai membuat rencana pelajaran yang sejalan dengan tujuan yang saya tetapkan untuk siswa. Saya mulai dengan menentukan apa yang saya ingin siswa tahu dan kemudian merencanakan pelajaran untuk memastikan bahwa mereka sejalan dengan tujuan tersebut. Saya juga mulai menggunakan model UbD untuk merencanakan pelajaran saya, yang membantu saya memastikan bahwa mereka sejalan dengan tujuan yang saya tetapkan untuk siswa. Langkah 4: Mengevaluasi Praktik Saya Sendiri Setelah saya mulai mengimplementasikan UbD dalam praktik saya, saya mulai mengevaluasi praktik saya sendiri untuk melihat apakah itu efektif. Saya mulai mengamati siswa saya untuk melihat apakah mereka memahami materi yang saya ajarkan dan apakah mereka mencapai tujuan yang saya tetapkan untuk mereka. Saya juga mulai mengumpulkan umpan balik dari siswa saya untuk melihat apakah mereka merasa bahwa mereka memahami materi yang saya ajarkan. Langkah 5: Mempertahankan Praktik Saya Sendiri Setelah saya mulai mengimplementasikan UbD dalam praktik saya, saya mulai mempertahankannya dengan terus menganalisis praktik saya sendiri dan membuat perubahan yang diperlukan. Saya juga mulai berbagi praktik saya dengan rekan-rekan saya dan berpartisipasi dalam seminar dan konferensi tentang UbD untuk terus belajar dan berkembang sebagai guru. Sebagai kesimpulan, memahami Understanding by Design telah menjadi per yang sangat bermakna bagi saya sebagai guru. Dengan mengikuti langkah-langkah yang saya jelaskan di atas, saya telah dapat mengimplementasikan UbD dalam praktik saya dan melihat dampak positifnya pada siswa saya. Saya sangat merekomendasikan pendekaran ini kepada rekan-rekan saya yang mencari cara untuk meningkatkan praktik pengajaran mereka dan membantu siswa mereka memahami materi yang mereka ajarkan.