Pengalaman Refleksi dalam Meningkatkan Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19

4
(166 votes)

Sebagai seorang pendidik, saya selalu mencoba berusaha untuk melihat permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran dan berusaha mencoba untuk melakukan perbaikan-perbaikan secara berkelanjutan. Kegiatan refleksi sangat penting untuk mengatasi berbagai permasalahan dan perubahan zaman. Oleh karena itu, dalam tiga tahun terakhir, saya telah melakukan kegiatan refleksi berupa refleksi karya inovasi seperti Video Pembelajaran, Google Site berupa materi pembelajaran, serta RPP 1 lembar yang dapat memaksimalkan pembelajaran selama pandemi Covid-19 melanda. Pandemi Covid-19 telah mengubah dunia pendidikan secara drastis. Pembelajaran tatap muka terpaksa digantikan dengan pembelajaran jarak jauh. Sebagai seorang pendidik, saya merasa perlu untuk mencari solusi yang efektif agar proses pembelajaran tetap berjalan dengan baik. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk melakukan refleksi terhadap karya inovasi yang telah saya ciptakan selama tiga tahun terakhir. Salah satu karya inovasi yang saya refleksikan adalah Video Pembelajaran. Saya menyadari bahwa dalam situasi pembelajaran jarak jauh, siswa tidak dapat langsung berinteraksi dengan guru dan teman sekelasnya. Oleh karena itu, saya menciptakan video pembelajaran yang dapat diakses oleh siswa kapan saja dan di mana saja. Dalam refleksi ini, saya mengevaluasi efektivitas video pembelajaran tersebut dan mencari cara untuk meningkatkan kualitasnya. Selain itu, saya juga melakukan refleksi terhadap Google Site yang saya buat sebagai sarana pembelajaran online. Saya menyadari bahwa siswa membutuhkan akses yang mudah dan terstruktur terhadap materi pembelajaran. Melalui refleksi ini, saya mencari cara untuk memperbaiki tata letak dan navigasi Google Site agar siswa dapat dengan mudah menemukan dan memahami materi pembelajaran. Selanjutnya, saya juga melakukan refleksi terhadap RPP 1 lembar yang saya buat selama pandemi Covid-19. Saya menyadari bahwa dalam situasi pembelajaran jarak jauh, guru perlu menyusun rencana pembelajaran yang lebih singkat dan padat. Melalui refleksi ini, saya mencari cara untuk memperbaiki RPP 1 lembar agar lebih efektif dan efisien dalam memaksimalkan pembelajaran selama pandemi. Dalam proses refleksi ini, saya tidak hanya melihat kekurangan dan perbaikan yang perlu dilakukan, tetapi juga mengapresiasi keberhasilan dan keunggulan dari karya inovasi yang telah saya ciptakan. Saya berusaha untuk tetap optimis dan positif dalam menghadapi perubahan dan tantangan dalam dunia pendidikan. Dalam kesimpulan, kegiatan refleksi karya inovasi seperti Video Pembelajaran, Google Site berupa materi pembelajaran, serta RPP 1 lembar telah membantu saya dalam meningkatkan pembelajaran selama pandemi Covid-19. Melalui refleksi ini, saya dapat terus melakukan perbaikan-perbaikan yang diperlukan agar proses pembelajaran tetap berjalan dengan baik. Saya berharap bahwa pengalaman dan pembelajaran yang saya bagikan dapat memberikan inspirasi dan wawasan bagi rekan-rekan pendidik lainnya.