Perbedaan Sistem Pendidikan Islam di Indonesia Saat Ini dengan Sistem Pendidikan Islam Menurut Ibnu Khaldun

4
(266 votes)

Saat ini, sistem pendidikan Islam di Indonesia telah mengalami perubahan yang signifikan dibandingkan dengan sistem pendidikan Islam yang dianut oleh Ibnu Khaldun. Ibnu Khaldun, seorang cendekiawan Muslim abad ke-14, mengemukakan pandangannya tentang pendidikan Islam dalam karyanya yang terkenal, Muqaddimah. Menurut Ibnu Khaldun, pendidikan Islam harus mencakup tiga aspek utama: agama, ilmu pengetahuan, dan karakter. Agama menjadi landasan utama dalam pendidikan Islam, dengan fokus pada pemahaman dan pengamalan ajaran agama. Ilmu pengetahuan juga dianggap penting, terutama dalam bidang ilmu pengetahuan alam dan sosial. Selain itu, pendidikan Islam juga harus membentuk karakter yang baik, dengan mengajarkan nilai-nilai moral dan etika. Namun, sistem pendidikan Islam di Indonesia saat ini telah mengalami perubahan yang signifikan. Meskipun agama masih menjadi fokus utama, pendidikan Islam di Indonesia juga mencakup aspek-aspek lain seperti bahasa, matematika, dan ilmu pengetahuan umum. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi tantangan dunia modern yang semakin kompleks. Selain itu, pendidikan Islam di Indonesia juga menekankan pada pengembangan keterampilan dan pemahaman yang lebih luas. Siswa didorong untuk berpikir kritis, berkomunikasi dengan baik, dan memiliki keterampilan sosial yang kuat. Tujuannya adalah untuk menghasilkan lulusan yang siap menghadapi dunia kerja dan berkontribusi secara positif dalam masyarakat. Perbedaan lainnya antara sistem pendidikan Islam di Indonesia saat ini dengan sistem pendidikan Islam menurut Ibnu Khaldun adalah inklusivitas. Di Indonesia, pendidikan Islam terbuka untuk semua orang, tanpa memandang latar belakang sosial, ekonomi, atau etnis. Hal ini berbeda dengan pandangan Ibnu Khaldun yang lebih membatasi akses pendidikan hanya untuk kalangan tertentu. Dalam kesimpulan, sistem pendidikan Islam di Indonesia saat ini telah mengalami perubahan yang signifikan dibandingkan dengan sistem pendidikan Islam menurut Ibnu Khaldun. Perubahan ini mencakup penekanan pada aspek-aspek lain seperti ilmu pengetahuan umum dan pengembangan keterampilan, serta inklusivitas dalam akses pendidikan. Meskipun demikian, pendidikan Islam di Indonesia tetap mempertahankan nilai-nilai agama dan karakter yang menjadi landasan utama dalam pendidikan Islam.