Pengalaman Menarik dalam PPL I: Masa Orientasi, Observasi, Asistensi Mengajar, dan Praktik Mengajar

4
(283 votes)

Sebagai seorang mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG), PPL (Pendidikan Profesi Lapangan) merupakan salah satu tahapan penting dalam perjalanan pendidikan kami. PPL I adalah tahap awal yang memberikan pengalaman nyata dalam mengajar di sekolah. Dalam artikel ini, saya akan berbagi pengalaman menarik saya selama PPL I, mulai dari masa orientasi, observasi, asistensi mengajar, hingga praktik mengajar. Masa orientasi merupakan awal dari perjalanan PPL I. Kami diperkenalkan dengan sekolah tempat kami akan mengajar dan diberikan informasi tentang tugas dan tanggung jawab kami sebagai mahasiswa PPG. Selama masa orientasi, saya merasa antusias dan siap untuk memulai perjalanan ini. Kami juga diberikan kesempatan untuk bertemu dengan guru pembimbing kami, yang akan mendampingi dan membimbing kami selama PPL I. Setelah masa orientasi, kami memasuki tahap observasi. Kami diberikan kesempatan untuk mengamati guru-guru yang sudah berpengalaman dalam mengajar. Observasi ini sangat bermanfaat bagi kami untuk memahami berbagai strategi pengajaran yang efektif dan melihat bagaimana guru-guru tersebut mengelola kelas. Selama observasi, saya terkesan dengan keterampilan dan dedikasi para guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang positif dan mendukung bagi siswa. Selanjutnya, kami mengalami tahap asistensi mengajar. Dalam tahap ini, kami bekerja sama dengan guru pembimbing kami untuk membantu mereka dalam mengajar. Kami diberikan kesempatan untuk mengajar beberapa materi pelajaran dan mendapatkan umpan balik langsung dari guru pembimbing kami. Pengalaman ini sangat berharga bagi saya karena saya dapat menerapkan teori yang telah saya pelajari di kelas ke dalam praktik mengajar yang sebenarnya. Tahap terakhir dari PPL I adalah praktik mengajar. Kami diberikan kesempatan untuk mengajar selama beberapa minggu penuh di kelas yang ditugaskan kepada kami. Selama praktik mengajar, saya merasakan campuran antara kegembiraan dan tantangan. Saya belajar untuk mengelola kelas, berkomunikasi dengan siswa, dan merencanakan pembelajaran yang menarik dan efektif. Melihat perkembangan siswa selama praktik mengajar memberikan kepuasan yang luar biasa dan memperkuat tekad saya untuk menjadi seorang guru yang baik. Secara keseluruhan, PPL I adalah pengalaman yang sangat berharga bagi saya sebagai mahasiswa PPG. Selama masa orientasi, observasi, asistensi mengajar, dan praktik mengajar, saya belajar banyak tentang pengajaran yang efektif dan mengembangkan keterampilan mengajar saya. Pengalaman ini juga membantu saya untuk melihat perubahan dalam cara berpikir saya dalam pengelolaan kelas. Saya menjadi lebih sadar akan pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang positif dan mendukung bagi siswa. Saya sangat berterima kasih atas kesempatan ini dan bersemangat untuk melanjutkan perjalanan saya sebagai seorang guru.