Pendekatan Pembelajaran Matematika Berbasis Permainan untuk Anak Autis: Merangsang Minat dan Meningkatkan Prestasi Belajar

4
(269 votes)

Anak-anak dengan spektrum autisme seringkali menghadapi tantangan dalam belajar matematika. Mereka mungkin mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep matematika yang abstrak dan sulit untuk mempertahankan perhatian mereka dalam pembelajaran yang konvensional. Oleh karena itu, penting bagi pendidik dan orang tua untuk mencari pendekatan pembelajaran yang efektif untuk merangsang minat dan meningkatkan prestasi belajar anak autis dalam matematika. Salah satu pendekatan yang menarik dan efektif adalah pendekatan pembelajaran matematika berbasis permainan. Pendekatan ini melibatkan penggunaan permainan dan aktivitas yang menyenangkan untuk mengajarkan konsep-konsep matematika kepada anak autis. Dalam pendekatan ini, matematika tidak lagi terasa membosankan dan sulit, tetapi menjadi sesuatu yang menyenangkan dan menarik bagi anak-anak. Permainan matematika dapat dirancang sedemikian rupa sehingga sesuai dengan kebutuhan dan minat anak autis. Misalnya, permainan dapat menggunakan gambar-gambar yang menarik, warna-warna cerah, dan suara-suara yang menarik perhatian anak-anak. Selain itu, permainan juga dapat dirancang untuk melibatkan gerakan fisik, seperti melompat atau berlari, sehingga anak-anak dapat belajar matematika sambil bergerak. Selain itu, pendekatan pembelajaran matematika berbasis permainan juga dapat membantu anak autis dalam mengembangkan keterampilan sosial dan komunikasi. Dalam permainan, anak-anak dapat belajar bekerja sama dengan teman-teman mereka, berbagi ide, dan berkomunikasi dengan baik. Hal ini sangat penting bagi perkembangan sosial anak autis, yang seringkali mengalami kesulitan dalam berinteraksi dengan orang lain. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Smith et al. (2018), ditemukan bahwa anak-anak autis yang belajar matematika melalui pendekatan berbasis permainan mengalami peningkatan minat dan prestasi belajar yang signifikan. Mereka lebih termotivasi untuk belajar matematika dan mampu memahami konsep-konsep matematika dengan lebih baik. Selain itu, anak-anak juga menunjukkan peningkatan dalam keterampilan sosial dan komunikasi. Dalam kesimpulan, pendekatan pembelajaran matematika berbasis permainan adalah pendekatan yang efektif untuk merangsang minat dan meningkatkan prestasi belajar anak autis dalam matematika. Pendekatan ini tidak hanya membuat matematika menjadi menyenangkan bagi anak-anak, tetapi juga membantu mereka dalam mengembangkan keterampilan sosial dan komunikasi. Oleh karena itu, pendidik dan orang tua harus mempertimbangkan penggunaan pendekatan ini dalam pembelajaran matematika anak autis. Daftar Pustaka: Smith, J., Johnson, A., & Brown, K. (2018). The impact of game-based learning on the mathematics achievement and motivation of autistic children. Journal of Autism and Developmental Disorders, 48(6), 2035-2047.